Apa Yang Paling Dicari Pada Harbolnas?

Apabila dahulu sale final tahun hanya berpusat di toko-toko fisik dan gedung perbelanjaan, seiring berkembangnya gaya hidup digital, sekarang kegempitaan pekan raya belanja cukup diikuti dari situs-situs belanja online.

Apabila mengusut laporan Google Temasek, kegiatan pembeli di industri belanja online Indonesia sudah bisa menggerakkan uang sampai USD27 miliar pada tahun ini. Melalui keterangan resmi, riset iPrice yang berkolaborasi dengan Lazada Indonesia, penetrasi internet dalam keseharian memberi impresi yang signifikan untuk berbelanja di marketplace maupun e-commerce.

Jika awalnya belanja online dihindari alasannya banyak prasangka dari aspek kepercayaan, komunikasi, kualitas barang, maupun waktu pengiriman, maka sekarang semua orang ibarat ketagihan berbelanja.

Hal ini terlihat dari kegiatan pengguna Lazada pada momen Singles’ Day yang lalu. Gelaran pekan raya belanja online pada tanggal 11/11 itu mendapat respons merata dari konsumen di seluruh provinsi Indonesia.

Bahkan, antusiasme masyarakat Indonesia pada gelaran ini sudah mulai terdeteksi semenjak final Oktober. Dicuplik dari platform Google Trends, kata kunci pencarian di Google yang bekerjasama dengan promo 11.11 mulai jamak diketik orang-orang semenjak 25 Oktober 2018.

Search interest ini semakin meningkat sampai hari H. Di Lazada, transaksi paling banyak dilakukan untuk membeli perangkat seluler & tablet, fesyen, dan peralatan gaming & audio.


Tren Belanja Online Akhir Tahun Ini

Festival belanja online di penghujung tahun masih menyisakan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Sekira 300 pemain dalam industri e-commerce akan ambil bagian, termasuk nama-nama terkenal ibarat Lazada.

Partisipan tahun ini lebih ramai ketimbang Harbolnas sebelumnya yang diikuti 254 e-commerce. Jumlah transaksi pada gelaran ini ditargetkan mencapai Rp7 triliun. Target ini nyaris dua kali lipat pencapaian tahun lalu. Pembukuan transaksi Harbolnas pada tahun 2017 mencapai Rp4,7 triliun.


1. Bukalapak

Untuk jadwal Harbolnas kali ini, Bukalapak turut menggandeng aktris Dian Sastrowardoyo untuk memeriahkan AFTER .11 Harbolnasnya Bukalapak Promo Tiada Ampun!

Berbagai usulan yang diberikan, ibarat yaitu Serbu Seru, Nego 12 Kali Lebih Dahsyat, Flash Deal Serba 12 Rupiah, Cashback Rp 1.2 Juta, sampai Gratis Ongkir 12 Kali Setiap Hari.

AFTER .11 Harbolnasnya Bukalapak akan dimulai dari 12 Desember mendatang.



2. Lazada

Melalui jadwal Brand Mega Offers, pelanggan bisa mendapat penawaran terbaik dari ratusan brands selama 2 jam pertama pada tanggal 10 Desember 2018. Pada tanggal ini, kau akan mendapat diskon kumpulan produk terlaris atau best selling of 2018.

Beberapa usulan menarik lainnya, antara lain Flash Sale 10 kali sehari selama 10-12 Desember 2018, Crazy Flash Sale dengan diskon sampai 99.9 persen, diskon sampai 60 persen untuk produk lokal, dan usulan menarik lainnya.

3. Shopee

Melalui pekan raya 12.12 Birthday Sale, situs e-commerce Shopee menawarkan bermacam-macam promo besar-besaran, ibarat gratis ongkir sampai 12 kali ke seluruh Indonesia, Istimewa cashback sampai 120% dan Kuis Shopee dengan hadiah total koin Shopee senilai Rp 12 Milyar.

Pelanggan juga sanggup menikmati diskon sampai 90% untuk produk - produk favorit, promo tematik ibarat Super Flash Sale Day setiap hari Rabu dengan harga mulai dari Rp 99, dan lainnya.

Program ini sudah berlangsung semenjak 19 November 2018 kemudian sampai 12 Desember mendatang.


4. JD.id

Jelang 12.12, situs e-commerce JD.id meluncurkan jadwal ShareBuy, yakni jadwal yang memungkinkan para pelanggan mendapat harga Istimewa dengan mengundang teman untuk berbelanja produk yang sama.

ShareBuy sendiri merupakan pendekatan pemasaran dengan konsep social commerce, di mana konsumen bisa mendapat penawaran harga lebih murah dengan memanfaatkan media umum mereka.

Untuk menyambut Harbolnas 12.12, ShareBuy yaitu jadwal pembuka untuk konsumen JD.id. Salah satunya ibarat fitur vote campaign “Pencinta ShareBuy” yang diadakan pada 3 - 9 Desember 2018.

5. Elevenia

Menyambut Harbolnas 12 Desember 5018, Elevenia memperkenalkan jadwal Serbu 12.12 Mantul (Mantap Betul).

Program ini diramaikan dengan banyak sekali promosi, ibarat Flash Sale dari 3-11 Desember 2018, Daily Deals serba Rp 12 ribu yang dimulai besok, gratis ongkir, bahkan potongan sampai Rp 500 ribu/ 90 persen.

6. Blibli

Situs e-commerce Blibli meluncurkan jadwal 12.12 Karnaval Histeria yang terdiri HALO (Historia Lelang Online), GEMETAR (Goyang dan Menangkan Kejutan Besar), BUKA KARTU (Buka Kejutan Besar Untukmu), dan Tebak Logo.

Seluruh permainan dari Karnaval Histeria berlangsung selama 1-12 Desember 2018 dengan sejumlah ketentuan berlaku.



Gelaran Harbolnas yang biasanya digelar hanya satu hari diselenggarkan berbeda untuk tahun ini. Tahun ini, Harbolnas akan digelar 11-12 Desember 2018 atau selama dua hari berturut-turut.

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan menjelaskan, hari pertama merupakan edisi khusus produk lokal, sementara puncak Harbolnas pada 12 Desember 2018.

Harbolnas tahun ini akan diramaikan oleh banyak sekali situs belanja dari banyak sekali bidang, mulai dari aitus marketplace, elektronik, fesyen, kecantikan, masakan dan minuman, travel, furnitur, dan lainnya.



refernces by okezone, tribunnews





Artikel Terkait