Fokker - Produsen pesawat Belanda, pendirinya, Anthony Fokker. Perusahaan beroperasi di bawah beberapa nama berbeda, Dimulai tahun 1912 di Schwerin, Jerman serta pindah ke Belanda tahun 1919. Periode sukses di tahun 1920-an serta 1930-an, mendominasi pasar penerbangan sipil. Dan Fokker mengalami kebangkrutan tahun 1996.
Diumumkan oleh Fokker di April 1962, Produksi kerja sama sejumlah perusahaan Eropa, yaitu Fokker, MBB Jerman Barat, Fokker-VFW (pun dari Jerman), serta Short Brothers Irlandia Utara.
Selain itu, pemerintah beberapa negara pun ikut menanamkan modal dengan pemerintah Belanda yg memegang 50% saham Fokker serta pemerintah Jerman yg mempunyai 60% serta 35% saham dari masing-masing perusahaan asal Jerman.
Dalam proses unitsi,
— Fokker
Bertanggung jawab dalam desain serta perakitan hidung pesawat, baserta pesawat tengah serta bab dalam sayap.
— Perusahaan Jerman
Bertugas mendesain serta membangun baserta pesawat bab depan, belakang serta ekor pesawat.
— Short Brother
Mendesain serta merakit bab luar dari sayap.
Prototipe pertama yg berkode PH-JHG, melaksanakan penerbangan persertaanya pada tanggal 9 Mei 1967 serta mendapat sertifikasi pada tanggal 24 Februari 1969. Pesanan pertama tiba dari maskapai penerbangan Jerman LTU, namun penggunanya yaitu Braathens yg hingga pada tanggal 28 Maret 1969 mengoperasikan 5 pesawat jenis ini.
Sejumlah 62 pesawat Fokker F-28 dalam 3 versi pernah diterbangkan Garuda Indonesia semenjak September 1971 hingga 5 April 2001. Garuda Indonesia yaitu perusahaan penerbangan di dunia yg pernah paling banyak mengoperasikan Fokker F-28.
Tahun 1978, Direktur Garuda Indonesian Airways, Wiweko Soepono berkeinginan pesawat Garuda sanggup menyinggahi semua kota-kota di Indonesia dalam satu hari penerbangan. Dengan menjual pesawat DC-8 serta menggantinya dengan 12 pesawat Fokker F-27 yg bermesin turboprop. Pertimbangannya ada fasilitas transisi Pilot Garuda menuju Fokker F-28 -1000.
Sekitar tahun 1980 digantikan dengan versi terbaru -4000.
[ F28 ASN Moerdijk
[ F28 ASN Seoul-Kimpo International Airport
[ F28 Aviation Safety Investigation Report
[ F28 EASA Type Certificate Datasheet
[ F28 EASA Type Certificate Datasheets
Diumumkan oleh Fokker di April 1962, Produksi kerja sama sejumlah perusahaan Eropa, yaitu Fokker, MBB Jerman Barat, Fokker-VFW (pun dari Jerman), serta Short Brothers Irlandia Utara.
FOKKER F-28 4000 Fellowship
Technical Specifications
Model number FOKKER-28 1000 Fellowship
First flight 09 Mei 1967
Certification 24 Februari 1969
Power Plant Two 12,250 lbs Thrust
Rolls-Royce Spey 550
Speed 447 knots (514 mph)
Max. Range 2,052 nautical miles
Seating 65 Passangers
Weight Empty 610,203 lbs
Weight Take-Off 1,269,850 lbs
Weight Landing 806,959 lbs
Wing Span 77.33 ft
Length 89.93 ft
Height 27.79 ft
FOKKER F-28 4000 Fellowship
Dalam proses unitsi,
— Fokker
Bertanggung jawab dalam desain serta perakitan hidung pesawat, baserta pesawat tengah serta bab dalam sayap.
— Perusahaan Jerman
Bertugas mendesain serta membangun baserta pesawat bab depan, belakang serta ekor pesawat.
— Short Brother
Mendesain serta merakit bab luar dari sayap.
Prototipe pertama yg berkode PH-JHG, melaksanakan penerbangan persertaanya pada tanggal 9 Mei 1967 serta mendapat sertifikasi pada tanggal 24 Februari 1969. Pesanan pertama tiba dari maskapai penerbangan Jerman LTU, namun penggunanya yaitu Braathens yg hingga pada tanggal 28 Maret 1969 mengoperasikan 5 pesawat jenis ini.
Desain pesawat yg mempunyai ekor berbentuk T dengan dua mesin Rolls-Royce Spey 550 di baserta pesawat bab belakang mensokan pesawat ini seolah-olah dengan pesaingnya, BAC 1-11 serta DC-9. Fokker-28 bisa mengangkut penumpang hingga dengan 65 orang.
Fokker F-28 Garuda Indonesia
Sejumlah 62 pesawat Fokker F-28 dalam 3 versi pernah diterbangkan Garuda Indonesia semenjak September 1971 hingga 5 April 2001. Garuda Indonesia yaitu perusahaan penerbangan di dunia yg pernah paling banyak mengoperasikan Fokker F-28.
Tahun 1978, Direktur Garuda Indonesian Airways, Wiweko Soepono berkeinginan pesawat Garuda sanggup menyinggahi semua kota-kota di Indonesia dalam satu hari penerbangan. Dengan menjual pesawat DC-8 serta menggantinya dengan 12 pesawat Fokker F-27 yg bermesin turboprop. Pertimbangannya ada fasilitas transisi Pilot Garuda menuju Fokker F-28 -1000.
Sekitar tahun 1980 digantikan dengan versi terbaru -4000.
Jakarta - Kemayoran
[ F28 ASN Moerdijk
[ F28 ASN Seoul-Kimpo International Airport
[ F28 Aviation Safety Investigation Report
[ F28 EASA Type Certificate Datasheet
[ F28 EASA Type Certificate Datasheets