Kenapa Laptop Dan Komputer Boros Kuota Paket Data Internet

Tags

Kita semua tahu bahwa dikala ini kuota internet tidaklah semurah meriah mirip dulu. Oleh lantaran itu tindakan penghematan dirasa sangatlah perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pemborosan kuota hingga habis bahkan hingga menyedot pulsa. Apabila tidak segera dilakukan pencegahan maka mungkin saja dua hal itu akan terjadi dan akan menciptakan korban merasa sangat dirugikan, menyesal, murung hingga marah-marah.

Komputer PC
Namun demikian, meskipun telah melaksanakan penghematan kuota internet. Kenapa tetap saja kuota internet kita cepat habis bahkan hanya dalam semalam, padahal sebelumnya segala macam acara pemborosan kuota mirip Download-download (Unduh), Streaming, Game Online sudah dihentikan. Akan tetapi mengapa tetap saja kuota cepat habis ? Dan kenapa main internet di komputer, laptop atau notebook paket internetnya sangat boros ?

Jawabannya bisa bermacam-macam dan tergantung dari kondisi perangkat (Komputer, Laptop dan Notebook) itu sendiri. Biasanya hal yang paling mendasari kenapa paket internet modem dilaptop cepat habis atau kata lainnya boros yaitu lantaran beberapa hal berikut ini. Mari silakan simak dan sesudah itu analisa dimana penyebab borosnya paket internet Anda.

1. Ada Alikasi, Software, Perangkat lunak, atau Program komputer yang otomatis melaksanakan pembaharuan (Auto Update)
Terkadang beberapa acara komputer berjalan di latar belakang sistem. Apabila hal ini terus dibiarkan alhasil RAM akan diambil oleh acara itu sehingga menjadikan komputer menjadi lambat. Tak hanya itu, acara yang berjalan dilatar belakang itu biasanya sedang melaksanakan otomatis update pada dirinya. Jika proses update itu terus dibiarkan maka akan terus memakan kuota internet Anda.


Untuk menghentikannya, Anda bisa membuka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Setelah itu klik tab Processes dan sesudah itu carilah acara yang dicurigai sedang berjalan. Bila ditemukan segeralah untuk menghentikan prosesnya [End Process].

Dalam menghentikan proses, sebaiknya Anda hati-hati, jangan hingga salah menghentikan proses sistem komputer Windows. Dan kalau itu terjadi bisa saja komputer jadi error. Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus memperhatikan nama software pada penggalan deskripsinya [Description].

Selain dengan membuka Task Manager, bekerjsama ada cara lain yang lebih simpel dan kondusif dalam mengetahui acara komputer yang berjalan dilatar belakang. Caranya yaitu dengan mengklik "Show hidden icons" yang terletak pada Taskbar. Jika sudah cari acara komputer mana yang sedang berjalan dilatar belakang terutama acara yang sedang melaksanakan auto update.

2. Sistem Operasi melaksanakan pembaharuan otomatis (Auto Update)

Baik yang melaksanakan update itu yaitu acara komputer atau sistem operasi komputer bekerjsama sama saja yakni, sama-sama memerlukan koneksi internet. Jika koneksi internet atau paket internet tersedia, maka komputer akan melaksanakan update. Nah, proses update inilah yang akan menciptakan paket internet Anda tiba-tiba habis. Mengapa ? lantaran biasanya proses update sistem operasi itu berjalan dengan otomatis tanpa disadari oleh penggunanya.

Untuk mematikan Auto Update ini, yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka sajian Control Panel >> System and Security >> Turn automatic updating on or off >> Never check for updates >> OK
 


 


3. Program Mencurigakan
Program mencurigakan yaitu acara komputer yang diyakini sebagai acara pengganggu, atau juga sering disebut sebagai acara jahat (malware). Program ini terkadang melaksanakan pencurian terhadap data-data yang ada dikomputer korban. Biasanya data yang dicuri yaitu data-data penting mirip foto, catatan, video atau lainnya. Coba Anda bayangkan bila ada foto atau video asing milik Anda disalah gunakan. Atau file catatan yang berisi wacana password penting Anda juga disalah gunakan, bisa berabe jadinya.

Oh, ya hal yang menjadikan acara mencurigakan bisa menghabiskan kuota internet yaitu lantaran ia memakai koneksi internet sebagai jembatan untuk mencuri file penting Anda. Hal ini menyerupai komputer Anda sebagai server, namun yang membedakannya bukan Anda yang mengendalikan melainkan pemilik acara mencurigakan itu.

Cara mengatasi hal ini sesungguhnya gampang-gampang susah. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan, yaitu dengan membuka Task Manager >> mengklik Tab Processes >> dan menghentikan acara yang dianggap mencurigakan. Sebaiknya Anda juga harus berhati-hati ya. Jangan hingga proses sistem yang Anda hentikan.

4. Mengunjungi Website yang Memuat Foto Berukuran Besar dan Berkualitas Tinggi
Mengunjungi suatu website dengan memakai komputer itu berbeda dengan memakai perangkat mobile. Mengunjungi dengan komputer akan jauh lebih banyak memakan paket internet bila dibandingan dengan perangkat mobile. Lantas, apa yang menjadikan hal itu ? mengapa mengunjungi website dengan perangkat mobile jauh lebih jago dibanding perangkat komputer.

Jawabannya yaitu pada konten (isi) yang ditampilkan. Pada komputer, suatu website akan menampilkan konten dengan ukuran besar sesuai dengan layar komputer itu sendiri. Sebaliknya, pada perangkat mobile, suatu website akan menampilkan konten dengan ukuran yang relatif kecil sesuai dengan ukuran layar perangkat mobile itu. Jika Anda tidak mengetahui apa itu perangkat mobile, silakan simak ulasannya di Pengertian atau arti perangkat mobile.

Untuk melaksanakan penghematan kuota internet disaat melaksanakan browsing maka cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melaksanakan pengaturan pada browser masing-masing. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengatur untuk "tidak menampilkan gambar pada setiap website yang Anda kunjungi".

5. Adanya File Online Installer yang Sedang Berjalan
File Online Installer yaitu sebuah file instalasi suatu acara aplikasi yang bisa dipasang pada komputer secara online atau dengan kata lain suatu file instalasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk sanggup diinstal. Program mirip ini terkadang kita download, namun lantaran disaat mau menginstalnya, koneksi internet di komputer kita malah tidak tersedia. Maka file installer itu tidak jadi terinstal dan akan meminimalkan diri. Meskipun begitu, ini tidak berarti aplikasi itu benar-benar tertutup. Sebenarnya, ia sedang menunggu komputer itu telah tersedia koneksi internet. Bila koneksi internet tersedia, maka tanpa disadari file installer itu telah mendownload file instalasi dirinya sendiri. Nah, hal inilah yang mungkin saja menjadikan paket internet menjadi cepat habis.

Agar tidak terjadinya pemborosan kuota internet, maka sebaiknya hentikan proses file installer itu melalui Task Manager. Atau juga bisa melalui fitur "Show hidden icons".

6. Aplikasi Downloader yang melaksanakan download otomatis
Terkadang beberapa perangkat lunak downloader mungkin saja melaksanakan proses download secara otomatis tanpa kita sadari sebelumnya. Penyebab terjadinya hal ini biasanya dikarenakan pengaturan download atau juga jadwal download otomatis yang sebelumnya diatur. Untuk mengatasi hal ini aturlah pengaturan dengan sebagaimana mestinya.

7. Antivirus yang Memperbaharui Database
Antivirus yaitu acara aplikasi yang bertugas untuk melindungi komputer dari serangan malware (virus, worm, dan sebagainya). Program ini biasanya selalu rutin melaksanakan pembaharuan otomatis terhadap Database-nya. Rutinitas ini sangat penting dilakukan biar kemampuan acara Antivirus semakin meningkat dalam menganalisis malware.

Namun terkadang, Ada beberapa pengguna yang merasa kesal dengan hal ini lantaran ia selalu mengalami kehabisan kuota internet hanya untuk pembaharuan Database. Untuk mencegah biar acara Antivirus tidak melaksanakan pembaharuan Database secara otomatis lakukan penyetelan terhadap sajian pengaturan di Antivirus masing-masing.


8. Aplikasi Perpesanan atau Sosial Media yang berjalan secara langsung
Aplikasi perpesanan mirip Email, Sosial Media, atau sebagainya memang sangat penting untuk di instal. Tujuannya ialah supaya seseorang tidak ketinggalan info penting yang ada di internet. Namun, biar info yang ada itu selalu baru. Karenanya koneksi internet sangat diperlukan. Namun, akhir dari hal ini kadang ada beberapa pengguna yang merasa kesal lantaran harus selalu kehabisan paket internet.

Cara mengatasi hal demikian ialah dengan menghentikan proses acara itu di Task Manager dan jangan lupa untuk melaksanakan UNCeklis pada nama acara di Menu Startup.

Demikianlah beberapa penyebab atau alasan mengapa kuota internet di komputer/pc/laptop/notebook selalu boros dan cepat habis.

Artikel Terkait