Merupakan keluarga dari pesawat penumpang Sipil (Airliner) bermesin ganda serta Model pertama diunitsi, terbang pada 25 Februari 1965. Seri awal 10 untuk mendapat sertifikasi kelaikan udara pada 23 November 1965, serta untuk memasuki layanan Delta Air Lines pada 8 Desember 1965.
Model number McDonnell Douglas DC-9
First flight 25 Februari 1965
Certification -
Power Plant Two 12,250-pound-thrust
P&W JT8D Engines
Speed 550 mph
Max. Range 5,180 nautical miles
Seating 109 Penumpang
Weight Empty 549,184 lbs
Weight Take-Off 1,128,757 lbs
Weight Landing 682,881 lbs
Wing Span 89.40 ft
Length 328.10 ft
Height 27.49 ft
DC-9 merupakan desain baru, memakai dua mesin turbofan Pratt & Whitney JT8D di fuselage belakang serta menso pesawat ekor T yg kecil dengan sayap efisien. Selalu menyesuaikan keperluan pelanggan memunitsi bebrapa versi. Awal Seri 10 akan diikuti oleh peningkatan -20, -30, serta -40 varian. Final DC-9 seri ialah -50, yg pertama kali terbang pada tahun 1974.
Seri 30, yg paling banyak dipesan dengan baserta pesawat lebih panjang serta ujung sayap yg diperpanjang, terbang pada tanggal 1 Agustus 1966, memasuki layanan Eastern Air Lines pada tahun 1967.
DC-9-32
Diperkenalkan pada tahun 1967.
Sertifikat 1 Maret 1967.
Dasar MTOW dari 108.000 lb (49.000 kg)
kemudian meningkat menso 110.000 lb (50.000 kg).
Merupakan pesawat segmen medium yg sukses memunitsi sebanyak 976 pesawat sampai unitsi terakhir pada Oktober 1982 sesudah 41 tahun. Salah satu pesawat jet paling sukses dengan total lebih dari 2.400 unit yg diunitsi.. Peringkat ketiga, Setelah Peringkat kedua Airbus A320 lebih dari 6.000 unit serta pertama Boeing-737 lebih dari 8.000 unit.
McDonnell Douglas DC-9
Technical Specifications
Model number McDonnell Douglas DC-9
First flight 25 Februari 1965
Certification -
Power Plant Two 12,250-pound-thrust
P&W JT8D Engines
Speed 550 mph
Max. Range 5,180 nautical miles
Seating 109 Penumpang
Weight Empty 549,184 lbs
Weight Take-Off 1,128,757 lbs
Weight Landing 682,881 lbs
Wing Span 89.40 ft
Length 328.10 ft
Height 27.49 ft
DC-9 merupakan desain baru, memakai dua mesin turbofan Pratt & Whitney JT8D di fuselage belakang serta menso pesawat ekor T yg kecil dengan sayap efisien. Selalu menyesuaikan keperluan pelanggan memunitsi bebrapa versi. Awal Seri 10 akan diikuti oleh peningkatan -20, -30, serta -40 varian. Final DC-9 seri ialah -50, yg pertama kali terbang pada tahun 1974.
Seri 30, yg paling banyak dipesan dengan baserta pesawat lebih panjang serta ujung sayap yg diperpanjang, terbang pada tanggal 1 Agustus 1966, memasuki layanan Eastern Air Lines pada tahun 1967.
DC-9-32
Diperkenalkan pada tahun 1967.
Sertifikat 1 Maret 1967.
Dasar MTOW dari 108.000 lb (49.000 kg)
kemudian meningkat menso 110.000 lb (50.000 kg).