Penyebab Koneksi Internet Lambat Atau Lola

Tags

Hampir setiap pengguna internet dirasa niscaya pernah menonton video streaming di situs Youtube, atau setidaknya pernah mempunyai akun jejaring sosial media, Facebook. Kedua situs internet ini memang mempunyai manfaat tersendiri bagi penggunanya, yakni sebagai sarana hiburan dan juga sarana komunikasi. Kedua manfaat ini sangat penting akan tetapi coba Anda bayangkan apa jadinya kalau koneksi internet Anda lamban atau loading lambat.

Yang tadi niatnya mau bercakap-cakap (chatting) dengan teman eh malah ngak bisa, niat mau cari hiburan di internet, eh juga ngak bisa. Kalau sudah begini tentu saja akan jadi sangat menyebalkan bukan. Bagaimana tidak? Sudah beli paket internet mahal-mahal yang justru didapatkan hanyalah kerugian yang disertai rasa penyesalan.

Mungkin setidaknya hal inilah yang dialami oleh beberapa pengguna internet. Awalnya mereka kesal lantaran internetnya tiba-tiba jadi lambat padahal sebelumnya tidak ibarat itu. Dan bergotong-royong apa sih penyebab internet kita itu lambat?

1. Sinyal Jaringan Lemah atau kurang baik

Sinyal diharapkan sebagai mediator untuk menghubungkan perangkat (Smartphone & Komputer) Anda ke internet. Jika sinyal jaringan Anda lemah atau hanya ada satu titik maka besar kemungkinan akan menciptakan kecepatan saluran internet jadi menurun. Namun bila sinyal penuh maka hal ini akan menciptakan kecepatan internet Anda menjadi stabil dan cepat.

Ilustrasi jaringan
Akan tetapi, meskipun sinyal jaringan penuh, bukan berarti hal itu sepenuhnya menciptakan saluran internet jadi lebih baik. Kadang beberapa orang pernah mengalami kalau sinyalnya penuh tapi internetnya lamban bahkan tidak bisa diakses sama sekali. Ini mungkin bisa saja disebabkan lantaran Internet Service Provider (ISP) yang ia gunakan sedang bermasalah. Sekedar informasi, kalau ISP itu yakni merek kartu sim yang kau gunakan.

Agar mendapat pengalaman berinternet dengan cepat, maka usahakan cari lokasi yang tidak terlalu tertutup oleh pohon besar, bukit, tembok, atau gedung tinggi lantaran hal itu akan menciptakan sinyal jadi terhalang sampai tak bisa ditangkap oleh smartphone.

2. Salah Pengaturan (Salah setting)

Kadang beberapa orang suka utak-atik sajian pengaturan yang ada pada smartphone-nya. Hingga pada akhirnya timbul suatu duduk kasus yang menyebabkan saluran internetnya jadi lamban. Lambannya saluran internet pada perangkat smartphone-nya itu, mungkin saja disebabkan lantaran sebelumnya ia tanpa sadar (ngak tahu) telah merubah pengaturan jaringan dari yang sebelumnya di mode 3G (HSDPA) ke mode 2G (EDGE). Kita semua tahu kalau saluran internet di mode 3G jauh lebih cepat dibandingkan mode 2G. Oleh lantaran itu semoga kecepatan internet menjadi cepat lagi, maka ubahlah kembali pengaturan jaringannya ke mode 3G. Caranya buka setelan (pengaturan) kemudian pilih-lah sajian yang berkaitan dengan jaringan atau paket data. Nanti Anda tinggal cari sajian mana yang berkaitan dengan 2G dan 3G. Akan tetapi, sebaiknya minta ajarkan pada teman Anda yang lebih memahami ilmu smartphone.

3. Terlalu banyak yang memakai internet

Dalam satu BTS (Base Station Service) atau tower jaringan tentu mempunyai kapasitas daya tampung tersendiri. Nah, apabila orang yang memakai internet melebihi kapasitas maka risikonya akan menciptakan saluran jalannya internet menjadi terganggu. Ada yang jadi lamban, macet-macet atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali. Umumnya hal ini sangat jarang terjadi bila Anda berada dipedesaan yang tersedia BTS. Namun bila Anda berada dipemukiman padat dan hampir setiap orang disana memakai internet maka terkadang koneksi akan menjadi terganggu. Tapi jangan risau. lantaran duduk kasus ini bergotong-royong sangat jarang terjadi, mengingat dipemukiman padat biasanya ISP telah memperhitungkan semuanya.

4. Spesifikasi Perangkat

Tidak semua perangkat handphone atau perangkat modem bisa mengakses internet dengan cepat. Hanya perangkat tertentu saja yang bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Perangkat yang bisa memakai internet dalam kecepatan tinggi bisa dilihat dari spesifikasi jaringan yang dibawanya. Misalnya bila ia dilengkapi fitur jaringan 3G ataupun 4G maka sudah niscaya kecepatan internetnya cepat.

Tapi jangan salah, meskipun Anda mempunyai perangkat yang dilengkapi akomodasi 3G atau 4G, Namun bila kedua jenis jaringan itu tidak didukung didaerah masing-masing maka sama saja tidak ada artinya.

5. Ada Program Aplikasi Lain yang Menggunakan Internet

Anda memakai internet untuk browsing, tapi disisi lain, jadwal aplikasi yang terpasang diperangkat juga ada yang memakai internet secara otomatis. Jika ini terjadi secara bersamaan, risikonya akan menciptakan kecepatan internet jadi menurun lantaran sudah dibagi dua, yakni satu untuk Anda dan satunya lagi untuk jadwal aplikasi. Kaprikornus bayangkan bila koneksi internet yang semula 100 KB/ps maka akan kemungkinan berkurang jadi separuhnya, 50 KB/ps. Yang perlu Anda ingat yakni bahwa tidak selalu kecepatan internet yang dibagi menjadi sama rata. Bisa saja Anda 30 Kb/ps dan jadwal aplikasi 70 Kb/ps atau juga sebaliknya.

Adapun jadwal aplikasi yang memakai internet secara sendiri (otomatis), umumnya sedang melaksanakan update. Jika Anda ingin aplikasi itu diperbaharui maka biarkan ia melakukannya. Namun bila tidak, Anda bisa membatalkan update atau menghentikan fitur auto update semoga lain waktu hal itu tidak lagi terulang.

6. Paket Internet Anda telah melewati masa pemakaian masuk akal (FUP)

Bagi Anda pelanggan internet yang memakai layanan internet berbasis Unlimited niscaya sudah pernah dengar istilah FUP (Fair Usage Policy). FUP sejatinya merupakan ketentuan batasan penggunaan masuk akal yang diterapkan pada paket internet Unlimited. Walaupun Unlimited artinya tak terbatas, akan tetapi tetap saja operator tak ingin dirugikan. Oleh karenanya operator menciptakan kebijakan FUP yakni sebuah hukum yang dimana menunjukkan batasan pemakaian masuk akal dan bila batasan itu habis maka kecepatan saluran internet akan turun. Misal, batasan FUP-nya 3GB, bila Anda melaksanakan kegiatan internet sehingga menghabiskan 3GB maka sehabis itu kecepatan internet akan diturunkan. Kecepatannya itu biasanya bervariasi tergantung dari kebaikan operator masing-masing.

7. Sistem operasi melaksanakan Update Secara otomatis

Sistem operasi komputer terutama Windows intinya mempunyai fitur update. Fitur ini bertujuan untuk memperbaharui database sistem operasi dengan cara menambal celah-celah berbahaya yang berpotensi disusupi oleh jadwal jahat. Dengan dilakukannya pembaharuan ini, tentu saja akan sangat bermanfaat. Sayangnya, proses pembaharuan ini memerlukan koneksi internet untuk mendownload database-nya. Jadi, dikala Anda sedang memakai internet tapi entah kenapa kecepatannya menjadi lamban mungkin hal inilah penyebabnya.

Agar kecepatan internet tidak lamban lantaran terganggu proses update ini, maka hal yang perlu dilakukan yakni mematikan fitur otomatis update pada sajian Windows Update. Untuk caranya, Anda bisa mencari Windows update pada kolom pencarian sajian start. Jika sudah ketemu, klik dan matikan fitur itu dengan.

Ilustrasi Malware
8. Malware (Virus, adware, dan sejenisnya)

Malware yakni jadwal jahat yang bersifat merugikan. Pada jenis tertentu, malware bisa memakai internet tanpa sepengetahuan pemilik komputer korbannya. Adapun saluran Internet yang dipakai Malware biasanya untuk keperluan upload atau download. Upload yaitu untuk mengirimkan suatu file penting dari komputer korban ke pembuat Malware. Sementara download untuk mengambil suatu file yang mungkin saja untuk memperkuat dan memperbanyak malware itu sendiri.

Jika Malware terus dibiarkan mengupload file maka dikhawatirkan file milik komputer korbannya itu akan disalahgunakan. Misalnya bila ada foto atau video yang bersifat eksklusif bisa saja akan disebarluarkan atau suatu file catatan yang berisi password maka akan dipakai untuk mengambil alih suatu akun penting. Sebaliknya, bila Malware terus mendownload file, maka dikhawatirkan akan menciptakan komputer yang terinfeksi akan terancam mengalami masalah-masalah lain yang bisa bikin error.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab kenapa kecepatan internet lemot, lamban, lola, atau lambat.

Artikel Terkait