Vor | Very High Frequency Omni-Range

Very High Frequency Omni-Directional Range (VOR) -Berbasis sistem elektronik azimuth yg menyediakan informasi untuk tinggi - rendah rute ketinggian serta Pendekatan bandara. Navigasi elektronik yg dipakai ketika ini. Metode navigasi VHF Omni-Range ini kemudian dirakit di tanah pemancar menurut Pemancar sinyal ke peserta VOR.


Sistem VOR Beroperasi pada frekuensi VHF 108,0 - 117,95 MHz. Penerimaan sinyal VHF yaitu garis situasi jarak pansertag. Harus berada di ketinggian minimal 1.000 kaki (AGL) di atas permukaan tanah dalam rangka untuk mengambil Sinyal Omni.

VOR Range
VOR Class = Low Altitude        1,000-18,000 feet     Range   40 nautical miles
VOR Class = High Altitude       1,000-14,500 feet     Range   40 nautical miles
VOR Class = High Altitude     14,500-60,000 feet     Range 100 nautical miles
VOR Class = High Altitude     18,000-45,000 feet     Range 130 nautical miles


OPERATION

Fasilitas VOR di dasar tanah Mengirim dua sinyal pada ketika Sama. Salah satu sinyal konstan dalam semua arah sebagai Fase Referensi. Sinyal lain, sinyal fase variabel serta Memutar melalui 360 derajat, menyerupai Sinar dari Mercusuar.

Kedua sinyal berada dalam Fase Ketika sinyal variabel melewati 360 derajat (Referensi ke Utara Magnetik) yaitu 180 derajat keluar dari Fase Ketika sinyal berputar melewati 180 derajat peralatan pesawat mendapatkan kedua sinyal.

Penerima akan menghitung perbedaan dua sinyal, serta menafsirkan risikonya sebagai radial dari stasiun ke pilot di pesawat.

RADIALS - Dua sinyal pemancar VOR menghasilkan 360 baris menyerupai jari-jari di roda. Setiap baris mempunyai Radial. VOR peralatan navigasi di pesawat akan menentukan posisi dari mereka dari 360 radial.

VOR Menyediakan Bearing Magnetik dari stasiun oleh sinyal radio di VHF yg dikirimkan Seperti cara dari karakteristik perubahan sinyal melalui 360 ° sekitar pemancar.

VOR INDICATOR

   •   Rotating Course Card dikalibrasi 0-360 derajat, yg menunjukkan VOR bearing yg dipilih sebagai Referensi ketika  pilot.terbang

   •   Omni Bearing Selector atau tombol OBS, dipakai secara manual memutar kartu ke kawasan arah tujuan ketika terbang.

   •   TO-FROM  Indikator. Segitiga panah akan menunjuk UP ketika terbang ke stasiun VOR. panah akan menunjuk ke-BAWAH ketika terbang dari Stasiun VOR. Sebuah bendera merah menggantikan ini ke-FROM panah saat VOR di luar jangkauan penerimaan.

   •   Course Deviation Indicator (CDI). Jarum bergerak ke kiri atau kanan menunjukkan arah untuk mengubah pesawat untuk kembali ke lapangan.

   •   DOT Titik-titik horizontal pada sentra yg mewakili pesawat dari tujuan. Setiap titik mewakili 2 derajat menyimpang dari tujuan yg diinginkan.

CARA KERJA

Beberapa pesawat terbang sanggup bervariasi dalam rincian. pilot sanggup meyesuaikan VOR peserta untuk stasiun yg dipilih atau kata lain yaitu untuk menentukan Radial untuk menentukan Course Magnet menuju atau Jauh dari stasiun VOR pada penerima.

Radial peserta VOR dibagi menso 360 derajat, pada titik 360 yg mewakili Magnetic Utara. Ketika kita memanggil, kita disebut di tiga digit menyerupai 090 yg berarti di Timur serta 270 berarti pada Barat.

Waktu yg sempurna untuk menyetel peserta Navigasi sementara pesawat ada di tanah pilot harus melaksanakan penerbangan direncanakan serta dikenal ke mana harus pergi. Setelah lepas landas, biasanya mulai dari Altutude dari 1000 kaki minimum di atas permukaan bumi,  Penerima VOR akan mendapatkan sinyal dari pemancar serta bendera akan menunjukkan panah FROM.

Ketika pesawat sudah setengah jalan atau bersahabat dengan stasiun VOR berikutnya serta peserta VOR menerima bahwa sinyal dari stasiun berikutnya. Panah bendera akan berubah dari FROM ke TO panah (dari gambar kanan). Pada ketika ini, uji coba harus menentukan OBS ke Radial stasiun VOR berikutnya.



CDI pada Indikator yg ditunjukkan Off Center oleh empat titik serta berarti delapan derajat dari Course, Pilot harus benar mengetahui Heading pesawat.

Jika pesawat diluar jangkauan pemancar atau stasiun VOR tidak beroperasi, Penerima VOR akan menunjukkan bendera merah atau indikasi untuk memberitahu pilot tidak salah paham sebab CDI jarum akan tinggal di sentra sepanjang waktu.


[  Avionic Training
[  Avionics Systems - Navigation
[  DOPPLER VHF Omni Directional Range
[  Jeppesen - Radio Aid
[  Lecture Notes Navigation
[  Operational Notes on VHF Omni Range
[  Position Location Techniques
[  The Distortion of Course Information


Artikel Terkait