Arti Tracking Wahana Logistik

Kode Resi Pengiriman Wahana Lebih Simpel dibandingkan dengan jasa Kurir lainnya yang terlalu panjang, dan juga Wahana memperlihatkan biaya / tarif lebih murah dibandingkan kurir lainnya. WAhana cocok kau gunakan jikalau barang yang kau beli online tidak akan dipakai buru-buru , namun kau inginkan harga ongkos kirim yang murah dibandung jasa kurir lainnya.

  • Kota Besar: 3-4 hari
  • Kabupaten / Daerah Pelosok: Estimasi Lebih dari 10 hari


Wahana menawarkan  aneka macam jasa ekspedisi ibarat berikut



Moda Transportasi Darat

Transportasi darat yakni armada utama kami. Dengan penggunaan armada truk, Wahana sanggup menghubungkan aneka macam moda angkutan lainnya ibarat laut, udara dan kereta api. 

Distribusi & Pergudangan
Jasa pergudangan Wahana dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS) untuk memudahkan pelanggan kami. Saat ini kami mempunyai gudang di wilayah Jakarta, Tangerang, Cikarang dan Surabaya. 

Layanan Ekspres Domestik
Kami melayani pengiriman dokumen dan paket ke lebih dari 5,000 wilayah di Indonesia. Kami menjanjikan untuk pengiriman sempurna waktu, kapanpun dan dimanapun. 

Pick-up order Paket Wahana
Wahana yakni layanan untuk menyediakan jasa kurir yang siap mengambil paket maupun dokumen kiriman anda, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga anda. Ada beberapa isu penting yang harus anda ketahui terkait dengan pengiriman barang , yaitu :


  • Pastikan untuk mengisi alamat tujuan, Kode Pos, Kelurahan dan Kecamatan dengan benar.
  • Nilai barang yang diinput yakni nilai barang yang bergotong-royong dan akan menjadi contoh penggantian kehilangan.
  • Wahana tidak mendapatkan kiriman berupa Handphone (HP), Original Dokumen (STNK, BPKB , SIM, KTP dan lain-lain).
  • Paket dengan nilan Rp. 1.000.000 ke atas wajib diperiksa isi bersama pengirim dan foto isi barang tersebut.
  • Paket kemasan tidak gampang rusak.
  • Paket Elektronik harus duah dipacking peti kayu dari pengirim.

Hubugi Agen Terdekat dengan Lokasi rumahmu apakah mendapatkan PickUp Order atau tidaknya.


Sebelum mengirim paket,

  • Tuliskan Alamat Pengirim dan Alamat Penerima dengan sangat Jelas. 
  • (Nama Kompleks /Kantor, Jalan/Gang, RT, RW, Nama Blok, Nama Desa/kelurahan, Kecamatan) ,
  • Packing dengan Aman biar barang tidak gampang dibuka dan kondusif dari benturan atau guncangan/hujan dan lainnya
Syarat dan Ketentuan Pengiriman Paket


  • Setiap paket / barang yang akan dikirim, PT. Wahana Prestasi Logistik berhak mendapatkan isu dari pengirim mengenai keterangan isi barang. Begitu pula Pengirim wajib menginformasikan isi dari paket barang yang dikirim secara terang dan terperinci.
  • Untuk barang kiriman yang tidak sesuai dengan keterangan isi barang yang tercantum didalam Tanda Terima Kiriman (TTK) PT. Wahana Prestasi Logistik, maka pengirim bertanggung jawab atas jawaban yang disebabkan oleh barang yang dikirim.
  • Segala resiko pengiriman menjadi tanggung jawab pengirim.
  • Dikarenakan satu dan lain hal PT. Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk membuka paket kiriman apabila terdapat indikasi mencurigakan mengenai isi kiriman.
  • Nilai pertanggungan atas barang kiriman hingga dengan Rp 299.000, biaya pertanggungan menjadi beban PT. Wahana Prestasi Logistik. Untuk nilai pertanggungan diatas atau sama dengan Rp.299.000 hingga Rp.9.999.999, biaya pertanggungan menjadi beban pembayaran pihak pengirim yang ditetapkan oleh PT. Wahana Prestasi Logistik yakni sebesar 0,5% dari nilai pertanggungan. Nilai pertanggungan maksimum per Tanda terima kiriman (TTK) tujuan Singapura Rp. 3.000.000.
  • Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk memakai sarana transportasi apapun dalam melaksanakan pengiriman paket.
  • Berat maksimum per koli yakni 50 Kg. Untuk Berat maksimum tujuan Singapura per koli yakni 30 Kg.
  • Paket/Barang dengan berat 0.2 kilogram maka akan mengikuti pembulatan kilogram keatas. Untuk tujuan Singapura 001 kilogram akan mengikuti pembulatan kg keatas.
  • Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat).
 Rumus penghitungan volumetrik adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6.000.
 Rumus pengiriman tujuan Singapura adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 5.000
 Rumus pengiriman via maritim adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 4.000


  • Maksimal volume dimensi paket/barang yang dikirim oleh PT Wahana Prestasi Logistik yakni : 150 x 60 x 60 cm . Untuk pengiriman Jawa, Bali dan via maritim per koli yakni 199 x 99 x 99 cm
  • Wahana Prestasi Logistik hanya mendapatkan dan menyerahkan paket menurut jumlah koli, bukan menurut jumlah isi didalamnya. Apabila terjadi kehilangan terhadap isi dalam maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab terhadap kekurangan tersebut.
  • PT Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas Kerusakan dan kadaluarsa masakan jawaban keterlambatan pengantaran.
  • Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab dan melepaskan diri dari keterlibatan atas kehilangan apabila terjadi permasalahan yang diluar kontrol pihak PT. Wahana Prestasi Logistik yaitu Force majeure seperti
  • huru-hara dan peristiwa alam;
  • Kebakaran dan banjir;
  • Peperangan, pembajakan, teroris, dan kejadian-kejadian sejenisnya;
  • Terjadinya penahanan atau penyitaan serta pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman oleh instansi pemerintah yang berwenang (bea cukai, karantina, kejaksaan dan instansi lainnya);
  • Kekacauan yang terjadi di jaringan darat, laut, dan udara;
  • Terjadinya kesalahan teknis dari penerbangan ataupun pelayaran sehingga mengakibatkan kerugian non-material.
  • Apabila pengirim / peserta melanggar ketentuan aturan yang berlaku (C.Q. DEPARPOSTEL) di wilayah Indonesia, maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengirim

BARANG YANG DILARANG
Barang-barang yang dikategorikan dihentikan untuk dikirim melalui PT. Wahana Prestasi Logistik adalah:
  • Uang tunai atau surat-surat berharga (seperti cek, giro, efek, obligasi, saham, voucher, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, passport, ijazah asli, dokumen tender, dokumen invoice, buku nikah asli, KTP, NPWP, STNK asli, BPKB orisinil dan surat berharga sejenisnya);
  • Barang pemanis dan barang berharga lainnya (emas, berlian);
  • Minuman keras, Narkotika dan obat – obat terlarang;
  • Barang yang dianggap bernilai tinggi (lukisan, keramik ataupun barang-barang yang dianggap bersejarah);
  • Binatang hidup, flora hidup atau masakan yang gampang bau atau rusak;
  • Abu badan dan organ manusia;
  • Barang gampang meledak, terbakar, atau barang yang menimbulkan anyir serta barang-barang yang sanggup merusak barang lainnya;
  • Barang cetakan maupun rekaman dalam bentuk kaset / cd / vcd / dvd yang bertentangan dengan nilai kesusilaan/pornografi;
  • Bagian – cuilan dari binatang langka yang telah mati / diawetkan;
  • Limbah
  • Makanan berair dengan expired date rendah.

JENIS BARANG YANG DILARANG VIA UDARA
Wahana Prestasi Logistik hanya melayani pengiriman Jenis barang ini ke tujuan pulau jawa, Bali dan memakai maritim (pengiriman via maritim hanya untuk kota-kota tertentu)
  • Cairan dan gel dalam bentuk apapun.
  • Benda yang berisi gas, aerosol dan sejenisnya.
  • Senjata tajam, senjata api termasuk kategori mainan airsoft gun;
  • Mesin yang memakai materi bakar
  • Benda yang gampang korosi, magnetic dan mengandung baterai
  • Benda yang sanggup beroksidasi.
  • Bahan atau Barang yang gampang menyala / terbakar.
  • Barang yang gampang meledak.
  • Barang yang mengandung kuman dan virus.
  • Barang yang mengandung radio aktif.
  • Barang beracun dan gampang menular.
  • Bahan atau zat berbahaya lainnya.
  • Bahan atau zat Tanpa surat surat / MSDS ( master sheet data safety ).
Bila terjadi pelanggaran atas ketentuan larangan kiriman yang satu dan lain hal disebabkan lantaran kekeliruan/kelalaian pelanggan atau pengirim sehingga barang dimaksud dilakukan penyitaan oleh pihak berwenang maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab dan tidak sanggup dituntut/dibebaskan/dilepaskan atas kewajiban pengembalian barang ataupun biaya pengiriman baik sebagian maupun keseluruhan. Lebih dari itu insiden yang demikian sepenuhnya menjadi resiko pengirim..

BARANG RETUR & REJECT XRAY
Ketentuan pengiriman barang retur dan barang reject xray PT. Wahana Prestasi Logistik:
  • Wahana Prestasi Logistik hanya melaksanakan 2x (dua kali) proses pengantaran ke alamat penerima. Apabila alamat tidak sanggup ditemukan, maka paket tersebut akan disimpan di kantor cabang PT. Wahana Prestasi Logistik.
  • Merujuk poin 1(satu) diatas/pengantaran selanjutnya, PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan apabila:
  • Paket hendak dikembalikan ke kota asal. PT. Wahana Prestasi logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman dari kota tujuan ke kota asal.
  • Paket hendak dikirim kembali ke alamat yang sebenarnya. PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman lokasi kota terakhir ke kota tujuan.
  • Kesalahan dalam penulisan kecamatan / kota tujuan oleh pengirim yang mengakibatkan paket tidak sanggup terkirim/diterima ke/di alamat yang dituju, maka pengirim / peserta wajib melunasi kekurangan total biaya ke alamat yang sebenarnya.
  • Paket REJECT X RAY akan dikenakan biaya kirim ulang retur ke alamat pengirim/agen.
  • Untuk fisik barang yang tidak lolos / Reject x-ray dan bilamana terjadi nya pelanggaran berat atas isi kiriman maka paket akan di lakukan penahanan oleh petugas terkait bandara dan menjadi tanggung jawab dari pihak pengirim sepenuhnya.

KLAIM
Ketentuan Klaim PT. Wahana Prestasi Logistik:
  • Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas kerusakan paket.
  • Wahana Prestasi Logistik tidak sanggup mendapatkan komplain dalam bentuk apapun baik oleh pengirim dan/atau pemilik barang asal bilamana komplain dimaksud diajukan sesudah melebihi waktu 30 (tiga puluh) hari semenjak barang diterima oleh biro (dibuktikan dengan tanda terima lembar TTK). Dengan demikian, terhadap barang hilang sebagaimana maksud diatas PT. Wahana Prestasi Logistik menganggap proses pekerjaan telah selesai.
  • Klaim pengajuan kehilangan hanya sanggup diajukan oleh pihak pengirim.
  • Klaim pengajuan kehilangan oleh pengirim sanggup dilakukan dengan cara email ke claimcs@wahana.com dengan mengisi dan melampirkan:
  • Formulir Klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
  • Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
  • Bukti transaksi jual beli.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman isu rekening cuilan isu saldo)
Apabila nama pihak pengirim yang tertera pada TTK / resi kiriman TIDAK sesuai dengan nama pada KTP / rekening, maka diwajibkan untuk melampirkan:
  • Formulir klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
  • Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
  • Bukti transaksi jual beli.
  • Fotocopy KTP pengirim (penanggung jawab) dan Fotocopy KTP pemilik rekening.
  • Fotocopy Kartu Keluarga / surat nikah (apabila memakai rekening milik keluarga/orang lain).
  • Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman isu rekening cuilan isu saldo)
  • Dokumen lainnya yang memperlihatkan indentitas sah pengirim dan pemilik rekening.

Bilamana pelanggan mengikuti persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 2 (dua) diatas, maka PT. Wahana Prestasi Logistik akan melaksanakan verifikasi internal pengiriman untuk mengetahui dan pertanda bahwa barang pelanggan benar dinyatakan hilang. Proses pencairan klaim akan segera dicairkan sesudah persyaratan lengkap sudah diterima oleh PT. Wahana Prestasi Logistik.

CARA MENGECEK TRACKING KIRIMAN PAKET WAHANA
masukan Kode/resi yang diberikan oleh Penjual dengan benar


Diterima di sales counter
Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dan sedang berada di Counter/Agen WAHANA kota/Daerah asal Penjual. Kecepatan Pihak Agen dalam mengirim atau mengambil barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Diterima di kemudahan kota asal
Paket sudah berada di Gudang kota daerah Penjual mengirimkan paket

Dalam proses pengiriman ke kota tujuan
Paket sedang dalam perjalanan menuju lokasi/Kota Tujuan Paket milikmu,


Dalam proses pengantaran oleh kurir ke penerima
Paket sedang dibawa kurir dan akan dikirim ke rumah kamu, Pastikan ada orang dirumah dan Pintu/Pagar terbuka dikala ada yang memanggil ada kiriman paket. Kecepatan Staff Wahana di Kota kau dalam mengirim barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Terkirim, Diterima oleh NAMA PENERIMA

Kurir sudah mengupdate statusnya, bawah Paket yang diantarkan sudah diterima



UPDATE TERBARU

Diterima di Sales Counter  [NAMA AGEN WAHANA]
Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dan sedang berada di Counter/Agen WAHANA kota/Daerah asal Penjual. Kecepatan Pihak Agen dalam mengirim atau mengambil barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Di pickup oleh petugas [NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sudah diambil dari AGEN oleh Petugas WAHANA untuk dikirimkan ke Gudang lokasi Kota paket PENGIRIM

Diterima di kemudahan HUB 
Paket sudah ada di dalam Gudang  lokasi Kota paket PENGIRIM

Pengiriman dari HUB [NAMA DEARAH] ke [NAMA DEARAH] 
Paket sedang dalam perjalanan menuju lokasi/Kota  Gudang Tujuan Paket milikmu,

Diterima di fasilitas [NAMA DEARAH] 
Paket sudah ada dialam Gudang  lokasi Kota PENERIMA, akan masuk antrian pengiriman oleh KURIR WAHANA

Proses pengantaran oleh kurir [NAMA DAERAH], [NAMA KURIR] Paket sudah dibawa kurir, akan diantarkan ke rumah penerima, aktifkan Handphone dan buka pintu rumah untuk jaga-jaga kurir kesulitan menemukan lokasi rumah

Diterima oleh [Nama Penerima]

Paket sudah berhasil terkirim dan diterima



Jika paket belum hingga dan  paket merasa belum ditermaberikut adalah

Daftar Nomor Customer Service WAHANA

Hanya sanggup dilakukan melalui WhatsAPP, Klik Link Dibawah, Cari Nama Kota,
kemudian Klik Tombol WhatsApp..

https://www.wahana.com/Hubungi-CS


Akun Facebook Resmi Wahana
https://www.facebook.com/WahanaPrestasiLogistik




BUY ME A COFFEE ??


transfer berapapun silahkan :)





Artikel Terkait