Airbus A-300 B4

Tags


AIRBUS A-300 B4 - Sebuah pesawat terbang penumpang sipil jarak bersahabat hingga menengah, berbaserta lebar bermesin ganda (Twinjet) yg diunitsi oleh Airbus Industry sebuah konsorsium dari vendor kedirgantaraan Eropa, kini anak perusahaan dari EADS.

























AIRBUS A-300 B4


Technical  Specifications      

                                                   Model number        AIRBUS A-300 B4
                                                   First flight               28 Oktober 1972
                                                   Certification            30 May 1974

                                                   Power Plant             240 kN GE CF6 - 50C2 Turbofan
                                                   Speed                       584 mph (940 kmh)
                                                   Max. Range             4.070 mile (7.540 km)
                                                   Seating                     316 Passangers

                                                   Weight Empty         181,305 lbs (82,240 kg)
                                                   Weight Take-Off     291,000 lbs (132.000 kg)
                                                   Weight Landing       264,555 lbs (120.000 kg)

                                                   Wing Span               147 ft 00 in (44.82 m)
                                                   Length                     165 ft 01 in (50.31 m)
                                                   Height                      53 ft 06 in (16.30 m)

Perusahaan yg didirikan oleh konsorsium Perancis, serta Jerman. Secara resmi mengumumkan pada 29 Mei 1969. Airbus Industrie secara resmi dibuat pada 18 Desember 1970 untuk berbagi serta memunitsi A-300. Jenis pertama terbang pada 28 Oktober 1972 serta Air France pengguna pertama.

AIRBUS A-300 B4 - Merupakan pesawat baserta lebar bermesin ganda pertama di dunia. Dapat menampung 266 penumpang dalam tata letak dua kelas, Jarak jangkauan maksimum 4.070 mil bahari (7.540 km) saat terisi penuh (Tergantung Model). Merintis untuk penerbangan ETOPS (Extended Operation). Inovasi yg membuktikan awal kesuksesan Airbus sebagai perusahaan pembuat pesawat kelas dunia.

Awal unitsi, mengalami kesulitan menjual. Seiring berjalannya waktu, pesawat mulai terkenal serta dibeli banyak maskapai penerbangan kelas dunia, terutama di Eropa serta Asia. Maskapai di Asia (serta sebagian Eropa) umumnya memanfaatkan A300 untuk penerbangan domestik dengan kepadatan tinggi atau penerbangan Internasional jarak sesertag.

TEKNOLOGI

Rekan Airbus memakai teknologi terbaru, Beberapa diambil dari teknologi Concorde. Sebelum masuk pelayanan pada tahun 1974, A-300 merupakan rancangan pesawat Subsonik Modern serta besar lengan berkuasa dengan 3 Crew member.

Wiweko Dirut Garuda mempelopori Kokpit 2 orang (Two-man Crew Cockpit), yg terdiri dari pilot serta kopilot, menghilangkan tugas Flight Engineer. Teknologi FFCC (Facing Forward Crew Cockpit), Airbus A-300 Pesawat baserta lebar yg pertama menggunakannya,

VARIAN

  -  A300 B1 - Hanya dibuat 2 pesawat , 1 diantaranya yakni prototip.
  -  A300 B2 - Versi pertama, dilepaskan tahun 1974.
      Operator :  Air France, South African Airways, Iran Air, serta lain-lain.
  -  A300 B4 - Paling banyak diunitsi, dilepaskan tahun 1975
      Operator :  Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Lufthansa
                          Pakistan International Airlines,serta lain-lain.
  -  A300-600 - Menggunakan baserta bab belakang serta ekor dari Airbus A310,.
      Operator :  Saudi Arabian Airlines, American Airlines, Korean Air, Japan Airlines
                           Singapore Airlines, Thai Airways International, China Airlines
                           Garuda Indonesia serta lain-lain.
  -  A300 B10 - versi pendek dari A300, lalu menso A310.

DIMENSION








[  A300 Aircraft Crash Recovery Guuide
[  A300 Airplane Characteristic for Airport Planning
[  A300 Deciphering the Airbus Codes
[  A300 EASA Type Of Certificate Data Sheet

Artikel Terkait