Ins | Inertial Navigation System

Tags

Sistem Navigasi Inersia (INS) - Bantuan Navigasi yg memakai Komputer, Sensor Gerak (Accelerometers) serta Sensor Rotasi (Gyroskop) untuk terus menghitung melalui perhitungan mati posisi, orientasi, serta berkecepatan (Arah serta Kecepatan Gerakan) yg bergerak ke objek tanpa perlu Referensi Eksternal.

Ini dipakai pada kendaraan menyerupai Kapal, Pesawat Terbang, Kapal Selam, Rudal, serta Pesawat Ruang Angkasa. Istilah lain yg dipakai merujuk pada Sistem Navigasi Inersia atau perangkat terkait dekat termasuk Sstem Inersia Bimbingan, Instrumen Inersia, Unit Pengukuran Inersia (IMU) serta banyak variasi lainnya.


Inertial Navigation System yg lebih bau tanah umumnya dipakai Platform Inersia sebagai titik pemasangan untuk kendaraan, serta istilah yg kasertag-kasertag dianggap identik.

DEFINISI - INS

Jelas serta Universal istilah "Inertial Navigation System (INS)" dipakai sebagai Deskripsi Selimut untuk banyak sekali macam Sensor Navigasi serta sistem desain yg berbeda; serta di sisi lain, itu pun dipakai untuk menggambarkan versi tertentu dari Sensor serta Sistem.

Istilah umum yg dipakai sehari-hari serta bergantian oleh pilot.

INERTIAL NAVIGATION

Bentuk "Dead-Reckoning" yg mengandalkan Accelerometers serta Gyroskop untuk mendeteksi Percepatan serta Kecepatan masing-masing sepanjang 3 sumbu tegak lurus.

Sebuah 2 atau 3 posisi dimensi asumsi sanggup terus ditentukan dalam kaitannya dengan dikenal titik awal, berkecepatan serta orientasi. pun istilah yg dipakai untuk merujuk pada seluruh subjek: teori, desain, teknologi, serta aplikasi.

DEAD RECKONING

Jenis navigasi dari titik awal dikenal serta kemudian dengan memakai gosip vektor (arah serta berkecepatan) terhadap jam, asumsi posisi ketika ini sanggup dibuat. Sebuah INS akan menghitung posisi mati-perhitungan yg berkelanjutan. akurasi posisi tergantung pada keakuratan gosip vektor serta waktu semenjak "dikenal" posisi terakhir.

INERTIAL PLATFORM

Mengacu baik untuk platform self-referensi gyro-stabil di mana accelerometers sudah terpasang, atau mengacu pada pesawat, atau posisi pesawat netral (pitch, roll serta yaw sumbu), yg sistem navigasi inersia tali-down terpasang dengan.

INERTIAL REFERENCE SYSTEM (IRS)

Mengacu pada unit solid-state dari tiga cincin Laser Gyros mendeteksi percepatan dalam 3 dimensi; mereka pun mungkin mengandung accelerometers kuarsa.

INERTIAL REFERENCE UNIT (IRU)

Mengacu pada komputer yg mengintegrasikan IRS output serta menunjukkan output pola inersia yg dipakai oleh sistem navigasi serta kontrol penerbangan, termasuk Sistem Manajemen Penerbangan.

GYROSCOPE / GYRO

Secara tradisional disebut Gyros berputar mekanik diatur dalam gimbal serta frame memungkinkan platform untuk distabilkan dalam ruang terlepas dari gerakan pesawat. Saat ini istilah Gyro mengacu pada Solid-State Cincin Laser Gyro (RLG), yg terutama dipakai dalam INS pesawat modern.


Beberapa jenis lain dari Gyro, seperti:
  - Hemispherical beresonansi Gyros (Wine Glass Gyros),
     Menggunakan Cekung Resonator Kuarsa yg Gelombang Harmonik berdiri
     dirotasi terukur.
  - Tuning Fork Gyros
     Menggunakan digerakkan oleh tenaga listrik garpu tala kuarsa pada chip silikon;
     Gerakan akan memutar garpu serta ini perubahan kapasitansi antara tines sebanding
     dengan gerakan angular, yg sanggup diukur.
  - MEMS (MicroElectricalMechanical) Gyro.
  - Vibrating Wheel Gyro.
  - Silinder Vibratory Gyro.
  - Piezoelectric Gyro.

INERTIAL NAVIGATION SYSTEM

Tradisional (1960-an serta 70-an) disebut Sstem Navigasi berdikari memanfaatkan Platform Gyro-Stabil untuk Perhitungan-Mati serta dengan antarmuka memungkinkan sejumlah titik arah yg akan dimasukkan serta Informasi Navigasi dasar yg akan ditampilkan. Kemudian (1980) sistem yg sama tetapi dengan kemampuan aksesori dari Data Inersia untuk sistem pesawat lain menyerupai Flight Director serta Autopilot.


Saat ini dipakai untuk menggambarkan sebuah Inertial Platform, Sistem Inertial Reference (IRS) serta Satuan Referensi Inertial (IRU); serta sering dipakai untuk menggambarkan ketiga unit ini (sebagai salah satu sistem) biasanya dipasang pada pesawat tunggal.

INS POSITION

Mengacu pada garis lintang serta bujur, serta ketinggian, diberi makan dari IRU ke sistem lain untuk referensi, atau sebagai operator untuk ditampilkan oleh pilot pada Instrumen Elektronik Sistem Penerbangan (EFIS).


Banyak istilah dipertukarkan lainnya dipakai seperti:
  -  Inertial Bimbingan Sistem,
  -  Data Air Inertial Unit Referensi
  -  Inertial Measurement Unit.

Yang semuanya sanggup dipakai ketika mengacu pada Inertial Navigation System

Terlepas dari teknologi yg dipakai serta konfigurasi komponen individu, Sistem Navigasi Inertial (INS) mengacu pada Inertial Platform, Sistem Referensi serta terkait Output Inertial.
Untuk menunjukkan terus menerus Posisi Mati-Hisab,

Ketinggian serta Kecepatan dengan FMS, dimana data ketimbang dengan masukan dari sistem lain, menyerupai Sistem Navigasi berbasis Ruang berbasis darat serta Data Navigasi lainnya dipakai untuk memperbarui Data Inertial Navigation System.




[  An Introduction to Inertial Navigation - Oliver J. Woodman
[  Basic Principles of Inertial Navigation - Tampere University
[  Compass And Inertial Navigation Systems
[  IG-500N Inertial Navigation System
[  Inertial Navigation Systems - Prof. Frank van Graas
[  Inertial Navigation Systems and Applications
[  An Introduction to Inertial Navigation
[  Tutorial on Inertial Navigation System - NASA


Artikel Terkait