Ndb | Non-Directional Beacon

Non-Directional (Radio) Beacon (NDB) - Merupakan pemancar di lokasi yg dikenal, dipakai sebagai penerbangan atau alat bantu Navigasi laut. Sesuai namanya, sinyal ditransmisikan tidak termasuk Informasi Directional.

Sinyal NDB mengikuti kelengkungan Bumi, sehingga mereka sanggup diterima pada jarak yg jauh lebih besar pada ketinggian rendah, kegunaan besar atas VOR. Sinyal NDB pun lebih dipengaruhi oleh kondisi atmosfer, kawasan pegunungan, refraksi pesisir serta angin kencang listrik,




Jenis NDB Non-Directional Beacon

NDBs dipakai untuk penerbangan dibakukan oleh ICAO Annex 10 yg memilih bahwa NDBs dipakai pada frekuensi antara 190 kHz serta 1750 kHz,

Meskipun semua NDB di Amerika Utara beroperasi antara 190 kHz serta 535 kHz. NDB diidentifikasi oleh satu, dua, atau tiga abjad instruksi Morse Callsign serta Pictogram NDB

Di Kanada, NDB milik pribadi pengenal terdiri dari satu abjad serta satu nomor. Amerika Utara NDB dikategorikan menurut Output Daya, dengan daya rendah dinilai kurang dari 50 watt, menengah dari 50 W ke 2.000 W serta makhluk tinggi lebih dari 2.000 W.




































Ada empat jenis beacon non-directional dalam layanan AERONAUTIKA NAVIGASI Digunakan untuk menandai susukan udara
    NDB Pendekatan
    Beacon Localizer
    Beacon Locator
Dua jenis terakhir dipakai dalam hubungannya dengan Landing System Instrument (ILS).

NDB sanggup mengirimkan Informasi lainnya untuk pesawat lokal menyerupai :
    ATIS - Automatic Terminal Information Service
    AWIS - Automatic Weather Information Service
    AWOS - Automated Weather Observation System
    ASOS - Automated Surface Observation System
    VOLMET - Meteorological Information Broadcast
    TWEB - Transcribed Weather Broadcast

Penggunaan Non-Directional Beacon

Airways
Pemancar NDB pada BRUNEI Callsign 112.0 Khz BRU 49 ° 12.35 'N, 2 ° 13,20' W. (Map)

Garis yg melewati stasiun yg menunjuk dalam arah tertentu, menyerupai 270 derajat. NDB menyediakan, metode yg konsisten memetakan untuk mendefinisikan pesawat jalur sanggup terbang.

Dengan cara ini, NDB bisa, menyerupai VOR, mendefinisikan "Saluran Udara" di langit. Pesawat ikuti rute-rute yg telah ditentukan untuk menuntaskan rencana penerbangan.


Pembaharuan
NDB telah usang dipakai oleh Navigator Pesawat, serta sebelumnya pelaut, untuk membantu mendapat perbaikan dari Lokasi Geografis mereka di permukaan bumi. Perbaikan dihitung dengan memperpanjang garis yg dikenal Titik Referensi Navigasi hingga melintasi.

Untuk Titik Referensi Visual, sudut dari garis ini sanggup ditentukan dengan Kompas; Sinyal Radio NDB ditemukan memakai peralatan RDF.(Radio Direction Finder)


Menentukan Arah serta Jarak dari Stasiun NDB
Untuk memilih jarak dalam hubungannya dengan stasiun NDB dalam mil laut, pilot memakai metode sederhana ini:


Pesawat melintasi stasiun ini eksklusif dari salah satu ujung sayap. Posisi tersebut, waktu berapa usang waktu yg diharapkan untuk menyeberangi Bearing tertentu NDB.Menggunakan rumus:
  -  Waktu untuk stasiun = 60 x jumlah menit diterbangkan / derajat perubahan Bearing
  -  Menggunakan komputer penerbangan untuk menghitung jarak pesawat yakni dari stasiun;
     Waktu * berkecepatan = jarak


Instrumen Sistem Pendaratan 
NDB yg paling sering dipakai sebagai "Penanda" atau "Pencari" untuk sistem instrumen pendaratan pendekatan (ILS) atau pendekatan standar. NDB sanggup menunjuk kawasan untuk pendekatan ILS atau jalan mengikuti mekanisme kedatangan standar atau STAR.


Di Amerika Serikat, NDB sering dikombinasikan dengan beacon luar penanda dalam pendekatan ILS (disebut locator outer marker, atau LOM); di Kanada, NDBs bertenaga rendah telah menggantikan marker beacon seluruhnya.


[  An Informal Guide to NDB Hunting - Andy Robins
[  Description of NDB and ADF Operation - CAA
[  Direction Finding
[  Introduction To Beacon - Alan Gafe
[  Navigation Instrumentation – ADF
[  NDB ANTENNAS - John R. Pinks
[  NDB Tracking & Intercepting
[  Non-Directional Beacons (NDB)


Artikel Terkait