Sumber Listrik Pendukung

Pesawat Modern disokong oleh pembangkit tenaga litrik
selain dari mesin utama atau mesin turbin. menyerupai :
  —  Auxiliary Power Unit
  —  Ram air turbine (RAT)
  —  Ground Power Unit (GPU)
Pembangkit ini memiliki funsgi pendukung untuk keperluan daya listrik pesawat .























AUXILIARY POWER UNIT (APU)

Unit Daya Tambahan (APU) - Perangkat yg menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi.

Pada pesawat  APU menghasilkan 115 V Arus Bolak-Balik (AC) 400 Hz. Untuk menjalankan sistem listrik pesawat, Selain itu pun menghasilkan 28 V Arus Aearah (DC). APU sanggup memperlihatkan DAYA satu atau tiga Fase

Selain itu Unit Daya Tambahan (APU) - Memberikan kekuatan untuk memulai mesin utama. mesin turbin harus dipercepat pada berkecepatan rotasi tinggi biar memperlihatkan kompresi udara yg cukup untuk operasi mandiri.

Mesin jet kecil biasanya dimulai oleh sebuah motor listrik, sesertagkan mesin yg lebih besar biasanya dimulai oleh sebuah motor turbin udara.

APU dimulai, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU berjalan, akan menyediakan tenaga (Listrik, Pneumatik, atau Hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai mesin utama pesawat.

RAM AIR TURBINE (RAT)

Turbin Udara Ram (RAT) - Turbin kecil yg terhubung ke pompa hidrolik, atau generator listrik, yg dipasang di pesawat terbang serta dipakai sebagai sumber listrik. RAT menghasilkan listrik dari fatwa udara oleh tekanan ram alasannya yakni berkecepatan pesawat.

Pesawat modern memakai RAT hanya dalam keadaan darurat. Dalam masalah hilangnya kedua sumber daya utama serta pemanis RAT akan daya sistem yg vital (kontrol penerbangan, hidrolik terkait serta pun penerbangan-penting Instrumentasi).

Unit daya tambahan,
Yang sering dipasang di bab belakang pesawat atau di main-roda. RAT menghasilkan listrik dari fatwa udara alasannya yakni berkecepatan pesawat. Jika berkecepatan pesawat rendah,

RAT akan menghasilkan daya yg lebih kecil. Kondisi normal RAT tersebut ditarik ke dalam baserta pesawat (atau sayap), serta ditempatkan secara manual atau secara otomatis.

GROUND POWER UNIT (GPU)

Ground Support Equipment (GSE) - Peralatan pendukung yg ditemukan di bandara, biasanya di jalan, area servis dengan terminal. Peralatan ini dipakai untuk melayani pesawat antara penerbangan. Seperti namanya, peralatan tanah pinjaman yg ada untuk mendukung operasi pesawat sementara di tanah. Peran peralatan ini memainkan umumnya melibatkan Power Unit dasar, Mobilitas pesawat, serta Operasi Kargo / Penumpang.

Power Unit Dasar (GPU) - Berupa unit fixed maupun mobile yg sanggup dihubungkan ke sistem listrik pesawat terbang dikala di darat untuk menyediakan baik 120V AC atau daya 28V DC. Unit ini biasanya terdiri dari Gnerator disokong oleh mesin diesel, mungkin dalam konfigurasi lain. Broperasi fase tunggal atau tegangan input 3 phase


[  Aircraft Density Ground Power Unit
[  Auxiliary Power Unit (APU) Application 
[  Auxiliary Power Unit (APU) Design - E. Moreno Gallart
[  Ground Power Unit (GPU)
[  Portable Ground Power Unit (GPU)
[  RAM Air Turbine – White Team
[  Ram Air Turbine ( RAT)
[  Ram Air Turbine (RAT) Test Equipment


Artikel Terkait