Battery & Emergency Power

Perangkat yg berisi satu atau lebih sel yg mengubah Energi Kimia menso Energi Listrik. Hampir semua pesawat menggabungkan sistem listrik utama dengan satu atau lebih Baterai. Yang dipakai ketika Preflight, Daya Listrik untuk memulai APU serta atau Mesin. Begitu APU atau Mesin hidup, Generator menyalakan sirkuit listrik serta mengisi ulang Baterai.



Dalam hal kegagalan atau isolasi dibutuhkan dari semua Generator sebagai pecahan dari Prosedur Quick Reference Handbook (QRH) dimana merupakan sumber dari semua daya listrik normal ketika operasi, daya baterai yg tersedia sebagai sumber pengganti.

Beberapa peralatan tetap bertenaga listrik seperti
  —  Emergency Locator Transmitter (ELT)
  —  Cockpit Voice Recorder (CVR)
  —  Flight Data Recorder (FDR)
Memiliki baterai khusus mereka sendiri.
Peralatan portabel rutin dilakukan di dalam pesawat terbang seperti
Obor, Megaphone serta Automatic defibrillator eksternal (AED) pun bertenaga Baterai.

Baterai yg dipakai untuk aplikasi penerbangan

PRIMARY
  —  Sekali pakai serta tidak sanggup diisi ulang
  —  Sel utama
       •   Seng-karbon
       •   Dan jenis baterai alkaline.

SECONDARY
  —  Dapat diisi ulang
  —  Sel utama adalah
       •   Asam Timbal
       •   Nikel Cadmium
       •   Nikel Metal-Hydride
       •   Lithium-Ion (Li-Ion)
       •   Lithium-Polymer (Lipo)
       •   Lithium-Iron-Phosphate
            (LiFePO4)

Baterai dipakai sebagai sumber listrik untuk peralatan terpasang atau rutin dilakukan pada pesawat tidak hanya harus kondusif tapi idealnya mempunyai :
  —  Kepadatan Energi yg tinggi
  —  Menso Ringan
  —  Dapat Diandalkan
  —  Membutuhkan Perawatan Minimal
  —  Mampu beroperasi secara Efisien

JENIS BATTERY

Berbagai jenis baterai telah dikembangkan serta varian beberapa dari mereka yg dipakai dalam aplikasi penerbangan.

Lead Acid Battery

Sebuah sel baterai asam timbal berisi anoda terbuat dari oksida timah serta katoda timbal unsur direndam dalam larutan elektrolit asam sulfat.

Baterai Asam Timbal, Elektrolit ditangguhkan dalam Gel Silika / diresapi ke dalam tikar fiberglass, menciptakan baterai Non-Spillable.

Sementara baterai asam timbal mempunyai penyimpanan energi serta kekuatan sifat penyediaan baik, mereka cukup berat serta kepadatan energi mereka relatif rendah. Jika berlebihan, baterai asam timbal kasertag sanggup mengeluarkan gas hidrogen yg sanggup menimbulkan ledakan atau mengakibatkan kebakaran. baterai asam timbal sering dipakai sebagai baterai utama di dalam pesawat terbang.

Nickel Cadmium (NiCd)

Sel Nikel-Cadmium mempunyai anoda yg terbuat dari cadmium hidroksida serta katoda nikel hidroksida yg direndam dalam elektrolit terdiri dari kalium, natrium serta lithium hidroksida.

Baterai Nikel-Cadmium membutuhkan perawatan relatif rendah, sanggup mendapatkan amanah serta Rentang suhu operasional yg baik. Baterai NiCd tunduk efek penyimpanan serta mungkin mengalami pemanasan bila berlebihan.

Banyak negara memberlakukan peraturan pembuangan ketat pada NiCd baterai alasannya termasuk metal berat yg dipakai dalam pembuatan. baterai NiCd cocok untuk banyak aplikasi pesawat termasuk baterai pesawat utama.

Nickel-Metal Hydride (Ni-MH)

Sel Nikel-Metal Hidrida mempunyai anoda yg terbuat dari paduan metal yg bisa menyerap serta melepaskan hidrogen.

Katoda terbuat dari nikel hidroksida serta keduanya dicelupkan dalam larutan elektrolit kalium, natrium serta lithium hidroksida. Sel kapasitas kecil dari jenis baterai disegel serta bebas perawatan.

Kelemahan utama bahwa memerlukan pemantauan tingkat pengisian yg sempurna untuk mengontrol pertukaran gas serta untuk meminimalkan pemanasan sementara di bawah biaya.

Baterai Ni-MH mempunyai kepadatan energi yg tinggi serta ideal untuk keperluan kapasitas tinggi. Baterai Ni-MH sering dipakai untuk sistem listrik menyerupai pintu darurat serta lantai escape jalan pencahayaan serta perangkat hiburan portabel serta tas penerbangan elektronik.

Lithium-Ion / Lithium-Polymer (Li-Ion)

Lithium-Ion (Li-ion) serta Lithium Polymer (Li-Poli) Baterai, Digambarkan sebagai 'Baterai Sekunder Lithium' dapat diisi ulang.

Sel mempunyai anoda grafit serta katoda yg terdiri dari materi kombinasi yg bisa mendapatkan serta melepaskan ion lithium berulang kali (untuk pengisian) serta cepat (untuk arus tinggi) menyerupai lithium mangan oksida (Li-Mn2O4).

Sebuah elektrolit non-air, terutama terdiri dari adonan karbonat organik, digunakan. Pengisian atau pemakaian baterai Li-Ion melibatkan pertukaran ion lithium antara elektroda. tegangan output sel yg khas ialah antara 3 serta 4,2 volt tergantung terutama pada materi yg dipakai untuk membangun katoda.

Lithium Metal

Lithium Logam Baterai, Digambarkan sebagai 'Baterai Primer Lithium' bebas diisi ulang. elektrokimia.

Paling sering didasarkan pada Lithium-Mangan Dioksida (Li-MnO2) sel yg mempunyai anoda grafit serta katoda Lithium Dioksida.




EMERGENCY POWER
STANDBY POWER

Sebuah sistem listrik darurat ialah sumber daya listrik independen yg mendukung sistem kelistrikan penting pada penurunan pasokan listrik normal. Sebuah sistem daya siaga mungkin termasuk Generator Siaga, Baterai serta alat lainnya.

Sistem tenaga darurat dipasang untuk melindungi kehidupan serta properti dari konsekuensi dari hilangnya pasokan daya listrik utama.

Boeing-757 Electrical System

Localizer, Glideslope, serta alat bantu Instrumen Pendaratan lainnya (seperti pemancar microwave) keduanya konsumen daya tinggi serta mission-critical, serta tidak sanggup dipercaya dipakai dari pasokan baterai, bahkan untuk jangka pendek.

Oleh alasannya itu, ketika kehandalan mutlak dibutuhkan (seperti ketika Kategori 3 operasi yg berlaku di bandara) ialah biasa untuk menjalankan sistem dari generator diesel dengan peralihan otomatis untuk pasokan listrik harus generator gagal.

Hal ini untuk menghindari gangguan transmisi sementara generator dibawa hingga dengan berkecepatan operasi. Bertentangan dengan pansertagan khas sistem tenaga darurat, di mana generator casertagan dipansertag sebagai sekunder untuk pasokan listrik listrik.


{  Batteries  -  David G. Vutetakis
[  Aircraft Batteries Owner Manual
[  Aircraft Batteries Testing
[  Aircraft Systems Overview
[  Dry Charged Lead Acid Aircraft Batteries
[  Emergency Airplane RAT - Michael J. Zolidis
[  Emergency Power Generation
[  Ni-Cd Aircraft Batteries Manual


Artikel Terkait