Loran | Long Range Aid To Navigation System

LORAN (Long Range Aid to Navigation System) - Sistem navigasi radio hiperbolik. Mirip dengan sistem Gee Inggris tapi dipakai pada frekuensi yg lebih rendah dalam rangka untuk memperlihatkan peningkatan jangkauan hingga 1.500 mil (2.400 km) dengan akurasi puluhan mil. Pertama kali dipakai untuk konvoi kapal menyeberangi Samudera Atlantik serta lalu oleh pesawat patroli jarak jauh, penggunaan utama pada kapal serta pesawat yg beroperasi di Pasifik.


LORAN -A, Sistem mahal untuk diterapkan, membutuhkan  Tampilan tabung sinar katoda (CRT). penggunaan yg terbatas untuk militer serta pengguna komersial besar. Karena itu penggunaannya tidak pernah tersebar luas.

LORAN-B, Menawarkan akurasi pada urutan beberapa puluh kaki, tapi lari ke problem teknis yg signifikan. Angkatan Udara AS telah bekerja pada konsep yg berbeda, yg dikenal sebagai Cyclan, yg Angkatan Laut mengambil alih sebagai Loran-C.

LORAN-C, Menawarkan jangkauan yg lebih panjang dari pada LORAN serta akurasi ratusan kaki. US Coast Guard mengambil alih operasi dari kedua sistem tahun 1958.

Mikroelektronika murah tahun 1980 menjadikan LORAN-C  turun harga, serta LORAN-A mulai ditinggalkan. LORAN-A ditingkatkan pada 1970-an tetap aktif di Amerika Utara hingga tahun 1980 serta seluruh dunia hingga tahun 1985.  Jepang hingga 1997, serta Cina hingga 2000.

KONSEP DASAR

Sistem Navigasi Hiperbolik, Dua kelas utama,
  -  Menghitung perbedaan Waktu antara dua Pulsa Radio.
  -  Membandingkan perbedaan Fasa antara dua Sinyal Kontinyu.

Pertimbangan dua pemancar radio yg terletak pada jarak 300 kilometer (190 mil) satu sama lain, berarti sinyal radio dari stasiun akan mengambil 1 milidetik untuk mencapai stasiun lainnya.

Salah satu stasiun disokong dengan jam elektronik secara terencana mengirim sinyal pemicu. Saat sinyal dikirim ("Master"), transmisi. 1 ms lalu sinyal datang di stasiun kedua ("Slave") disokong dengan penerima. Ketika sinyal dari master tiba, memicu pemancar sendiri.

Memastikan Master serta Slave mengirimkan sinyal tepatnya 1 ms secara terpisah, tanpa perlu mempunyai timer yg akurat sendiri. Prakteknya, waktu yg tetap dipadukan untuk menjelaskan keterlambatan elektronik.

Sebuah akseptor mendengarkan sinyal-sinyal ini serta menampilkan mereka pada osiloskop akan melihat serangkaian kerlip di tampilan. Dengan mengukur jarak antara mereka, penundaan antara dua sinyal sanggup dihitung.

Misalnya, 
Penerima mengukur jarak antara dua kerlip untuk mewakili penundaan 0,5 ms. Berarti bahwa perbedaan jarak ke dua stasiun yakni 150 km. Ada jumlah tak terbatas lokasi di mana keterlambatan sanggup diukur 0. 75 km dari satu stasiun serta 225 dari yg lain, atau 150 km dari satu serta 300 dari yg lain, serta sebagainya

Ketika diplot pada grafik, koleksi lokasi yg mungkin untuk setiap perbedaan waktu tertentu membentuk kurva hiperbolik. Koleksi kurva untuk semua kemungkinan penundaan diukur membentuk satu set garis memancar melengkung, berpusat pada garis antara dua stasiun, yg dikenal sebagai "dasar".

LORAN Stations

Stasiun LORAN dibangun berpasangan, MASTER serta SLAVE, dipisahkan oleh sekitar 600 mil (970 km). Setiap pasangan disiarkan di salah satu dari empat frekuensi, 1,75, 1,85, 1,9 atau 1,95 MHz (serta tidak terpakai 7,5 MHz).

Dalam setiap lokasi tertentu sanggup mendapatkan lebih dari tiga stasiun pada suatu waktu, sehingga beberapa cara lain untuk mengidentifikasi pasangan diperlukan.

LORAN membekali penggunaan banyak sekali frekuensi pengulangan pulsa (PRF) untuk kiprah ini, dengan masing-masing stasiun mengirimkan string 40 pulsa di kedua 33,3 atau 25 pulsa per detik.

Measurement

APN-4 dipasang di pesawat Royal Canadian Air Force Canso (PBY). --  Unit akseptor AN / APN-4 unit 1943. Secara fisik identik dengan dua potong Gee Inggris, serta sanggup dengan gampang dipertukarkan dengan unit ini. Unit utama dengan tampilan pun ditempatkan sebagian besar kontrol. operasi umum dimulai dengan menentukan salah satu dari sembilan stasiun, berlabel 0-8, serta pengaturan berkecepatan sapuan ke 1, pengaturan terendah. Operator lalu akan memakai intensitas serta fokus kontrol untuk fine tune sinyal serta memperlihatkan tampilan yg tajam.

Range and Accuracy

Siang hari IONOSFIR lemah mencerminkan sinyal gelombang pendek, serta LORAN sanggup dipakai di 500-700 mil maritim (930-1,300 km) memakai GroundWaves.

Malam hari sinyal ini ditekan serta kisaran turun ke 350-500 mil maritim (650-930 km). Pada malam hari skywaves menso mempunyai kegunaan untuk pengukuran, yg memperpanjang jangkauan efektif untuk 1.200-1.400 mil maritim (2,200-2,600 km).

AT and Mobile LORAN

AT LORAN, untuk "Air Transportable", LORAN Transmitter ringan sanggup dengan cepat ditetapkan. Indentik dengan "Normal" LORAN, tapi sering diasumsikan GRAFIK serta harus siap di lapangan. Ponsel LORAN yakni sistem ringan dipasang di truk.


[  AIDS to Navigation - BUOYAGE Systems
[  Chapter-12 LORAN NAVIGATION
[  Federal Short Range AIDS to Navigation
[  Loran TD Position Format Handbook - GARMIN
[  Loran-C User Handbook
[  Short Range Aids to Navigation
[  The CANADIAN Aids to Navigation System
[  The LORAN-C System




Artikel Terkait