Masalah Keamanan Listrik Pesawat

Masalah keamanan yg menso perhatian. Industri Penerbangan memberi perhatian pada bisertag Keselamatan, atau yg mungkin tidak mendapat perhatian yg cukup. Sistem kontrol penerbangan pesawat ketika ini telah didesain ulang dari sistem kabel-serta-katrol untuk sistem fly-by-wire baru. Sistem gres mengandalkan sinyal listrik pencetus motor listrik. Telah ada peningkatan luar biasa dalam pentingnya sistem listrik.













ElectroStatic
Akumulasi muatan elektrostatik, yg dihasilkan selama penerbangan pada permukaan luar pesawat serta di dalam pipa sistem pesawat, tidak sanggup dianggap sebagai ancaman bagi keselamatan penerbangan, tetapi harus dicegah serius untuk menghindari
gangguan komunikasi penerbangan serta risiko ledakan di tangki materi bakar atau selama pengisian materi bakar.

Pembuang listrik statis, dikenal sebagai sumbu statis atau statis sumbu discharge, dipasang di tepi trailing pesawat, termasuk (grounded elektrik) ailerons, elevator, rudder, sayap, horizontal serta vertikal kiat stabilizer.

Dipasang pada hampir semua pesawat sipil ketika ini, mereka tahan tinggi listrik (6-200 megaohm) perangkat dengan tegangan korona lebih rendah dari struktur pesawat sekitarnya.


Battery
Masalah keamanan yg potensial dengan penyimpanan begitu banyak energi dalam baterai lithium. Misalnya: Untuk menyimpan 1 GW (yg tidak biasa dalam industri pasokan energi) ini total ke: 1.000.000.000 x 86.400 detik = 8,6 x 10 ^ 13 joule = 86 TJ.

Ssedikit lebih dari bom nuklir di Hiroshima (Little Boy, 67 TJ atau 16 kT). Jika baterai tersebut mengalami kegagalan dielektrik alasannya dilema mekanis, atau bila baterai terlalu panas serta meledak, pelepasan energi yg dihasilkan akan sama menyerupai ledakan nuklir 16 kiloton.


Power & Ground
Daya serta jaringan listrik perangkat memastikan bahwa hilangnya tegangan mungkin sama dengan nol serta tidak ada arus liar atau diinduksi memasuki perangkat (Pulsa strobo terdengar di interkom).

Sangat nyaman untuk memakai sketsa instruksi warna untuk menunjukkan tujuan kabel.
Misalnya: Hitam untuk kembali, Merah untuk kekuatan serta Kuning untuk kekuasaan beralih. Warna lain dipakai untuk jaringan kabel sinyal, trim servo atau audio.


EMC / EMI
Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC) cabang dari teknik listrik dengan generasi yg tidak disengaja, propagasi serta penerimaan energi elektromagnetik yg sanggup menimbulkan pengaruh yg tidak diinginkan menyerupai Gangguan Elektromagnetik (EMI) atau kerusakan bahkan fisik peralatan operasional.

Seni menghentikan kabel menso antena serta / atau memancarkan RF yg tidak diinginkan serta kebisingan. Seperti terdengar di interkom serta radio terso kebisingan. Sejumlah cara untuk menghasilkan yg baik serta menjaga sistem listrik higienis dari gangguan.


Common Ground
Banyak dilema timbul ketika baserta pesawat metal dipakai sebagai landasan bersama. Cat, isolasi, paku keling, dukungan korosi untuk mengurangi konduktansi serta alhasil ialah resistensi yg lebih tinggi serta tegangan hilang yg tidak diinginkan.

Ketika memakai lampu bertenaga tinggi, koneksi tanah yg jelek sanggup menimbulkan gangguan frekuensi radio atau kebisingan serta Anda mungkin 'mendengar' yg lampunya berkedip melalui interkom.


RF Noise
Kebanyakan perangkat memakai DC (Arus searah) untuk motor flap, servos trim serta sambungan listrik radio / semacamnya. kabel lainnya membawa AC (Arus Bolak Balik)

Seperti sinyal audio interkom, lampunya sayap serta atau LF frekuensi / VHF / UHF radio. Perisai dipakai untuk menjaga sinyal yg tidak diinginkan meninggalkan kotak serta kabel memancar ke perangkat lain.

Interferensi Elektromagnetik (EMI), pun disebut frekuensi radio interferensi (RFI) ketika di spektrum frekuensi radio, ialah gangguan yg dihasilkan oleh sumber eksternal yg menghipnotis sirkuit listrik dengan induksi elektromagnetik, kopling elektrostatik, atau konduksi.


Ferrites
Transponder serta sistem EFIS memakai Mikroprosesor. Butuh sinyal gelombang persegi untuk beroperasi. Sinyal ini menghasilkan kebisingan serta harmonik (gelombang persegi ialah gelombang sinus ditambah semua harmonik yg aneh) bila mereka tidak ditangani dengan baik.

Kabel berpelindung dipakai untuk menghubungkan perangkat ini serta perisai didasarkan pada selesai didorong saja, mencegah loop tanah. Dalam kasus ekstrim manik-manik ferit dipakai untuk memblokir atau pendek keluar RF yg tidak diinginkan atau modus kebisingan umum pada kabel serta kabel.


Antenna
Antena menyerupai peserta GPS mempunyai elektronik internal untuk memperkuat sinyal yg sangat lemah yg diterima dari satelit.

Jauhkan ini sejauh mungkin jauh dari kabel konduktor arus tinggi lainnya (arus berjalan melalui kawat membuat meserta elektro-magnetik) serta atau pemancar menyerupai transponder serta DME. Sebagai contoh: transponder sanggup memancarkan mana saja antara 125-250 Watt energi RF serta ini sulit untuk menjaga dari kabel dari mereka tidak benar terlindung.


Shielding
Jika Anda memakai kabel terlindung untuk mikrofon, headphone, pemutar CD, ponsel serta bentuk lain dari kabel audio, harus menghubungkan perisai di salah satu ujung.

Dengan cara ini akan menghindari kesalahan menyerupai loop tanah serta kembali umum / jalur tanah serta sebagai alhasil akan meningkatkan kualitas audio serta mencegah kabel dari antena mengambil RF yg tidak diinginkan serta kebisingan lainnya. Seperti disebutkan sebelumnya, manik-manik ferit atau lengan yg dipakai untuk menghentikan kabel dari memungut gangguan modus.


Bottom line
Dengan mikroprosesor, tampilan digital, atau membawa sinyal ac tingkat rendah harus dilindungi. Kabel listrik serta kembali garis sanggup memakai manik ferit, atau toroids untuk menekan memancar atau mengambil gangguan tetapi perlu menentukan yg benar untuk frekuensi dimaksudkan.




[  Arc Fault Requirements for Aircraft Applications
[  Aviation Electrical Supplies
[  Basics of Aircraft Maintenance
[  EMI-EMC User Test Planning Guide
[  ICAO 2014 Safety Report
[  Technical Description Aircraft Maintenance
[  Total Quality Management in Aircraft Maintenance


Artikel Terkait