Tips Biar Pc Terhindar Ransomware

Tips Agar PC Terhindar Ransomware – Ransomware merupakan salah satu serangan cyber yang sedang terkenal ketika ini. Berdasarkan data dari Kaspersky Security network Cloud Service, serangan Ransomeware meningkat lebih dari 100% pada bulan Maret lalu.

Di antara negara negara di Asia Pasifik, Vietnam menjadi negara dengan pertumbuhan Ransomware paling cepat, dengan presentase bencana 64%. Disusul Filiphina, India, China termasuk Indonesia.

Ransomware sendiri ialah jenis malware yang mencari laba finansial dengan menyandera data dari komputer milik korban yang terinfeksi. Pelaku kemudian menuntut sejumlah uang tebusan sebagai imbalan untuk kanal ke dokumen pada korban.

Meskipun berbahaya dan serangannya terus meningkat, bukan berarti tidak ada cara untuk mencegahnya. Berikut beberapa jurus semoga terhindar dari Ransomware.

 Ransomware merupakan salah satu serangan cyber yang sedang terkenal ketika ini Tips Agar PC Terhindar Ransomware

Tips Agar PC Terhindar Ransomware


1. Pastikan Anda selalu mem-back up file penting secara berkala. Sangat direkomendasikan untuk menciptakan dua kopi back up. Yang pertama disimpan di cloud dan lainnya ditaruh di perangkat penyimpanan fisik ibarat portable hard drive, flashdisk, laptop tambahan, dan lain-lain.

2. Jangan pernah membuka link atau lampiran file yang mencurigakan. Pelaku kejahatan cyber kerap mendistribusikan pesan email palsu yang menjiplak notifikasi email dari toko online store atau bank, untuk memancing pengguna membuka link jahat dan mengembangkan malware. Metode ini disebut phishing.

3. Link jahat dapat saja dikirimkan oleh teman di media umum atau lawan main di online game yang akunnya terinfeksi. Sebaiknya eksklusif tanyakan secara detail kepada mereka sebelum membuka link atau file yang dikirimkan.

4. Aktifkan opsi 'Show file extensions' pada pengaturan komputer berbasis Windows. Ini akan memudahkan Anda membedakan mana file yang berpotensi jahat. Kaprikornus Anda akan benar-benar waspada untuk memastikan apakah file tersebut benar-benar invoice.pdf.exe atau invoice.pdf misalnya.

5. Update sistem operasi, browser, antivirus dan aktivitas lainnya secara teratur. Pelaku kejahatan cyber cenderung memanfaatkan kerentanan pada software untuk mengganggu sistem.

6.Gunakan aktivitas keamanan yang besar lengan berkuasa dan ahli untuk melindungi sistem Anda dari ransomware. Apalagi untuk kalangan bisnis, alasannya ialah mereka menyimpan data konsumen

Artikel Terkait