Pengetahuan Dasar Listrik

Pesawat terbang memerlukan daya listrik untuk mengoperasikan Navigasi-, Taksi-, Landing-, Lampu Strobo, satu atau lebih COM serta NAV Radio, Transponder, Interkom serta sistem elektronik lainnya.

Sistem listrik terdiri dari Baterai serta Alternator atau Generator yg pada pesawat lebih tua. Semua terhubung melalui beberapa meter kabel serta sistim transmisi nya.



Kembali ke Dasar Elektron serta Konduktor serta menjelaskan apa Volt serta Amp. Juga, mempunyai koneksi tanah yg baik di pesawat akan mencegah gangguan perangkat listrik lainnya. operasi normal dibahas menyerupai kegagalan yg bisa terso setiap kini serta kemudian.

ELECTRON

Bagian yg paling dasar listrik ialah Elektron, lebih tepatnya elektron bebas. Setiap atom terdiri dari inti dari proton serta elektron di orbit sekitar inti, Elektron yg ada di orbit dengan daya tarik yg sama serta berlawanan dari proton. Elektron terletak pada kulit di sekitar inti.

INSULATOR

Bahan yg mempunyai jumlah yg sangat rendah elektron bebas atau di mana arus mustahil atau di mana tidak sanggup mengalir. Bahan dengan sedikit atau tidak ada elektron bebas sama sekali merupakan isolator seperti: karet, keramik serta plastik.
Dan ini dipakai untuk memisahkan konduktor dari satu sama lain mencegah arus pendek.

CONDUCTOR

Zat dengan baik jumlah elektron bebas dikatakan konduktor yg baik serta memungkinkan listrik mengalir dengan bebas. konduktor yg sangat baik adalah: perak, tembaga serta aluminium. Bahan dengan sedikit atau tidak ada elektron bebas sama sekali merupakan isolator seperti: karet, keramik serta plastik.


RESISTANCE

Hambatan listrik - Ukuran kesulitan untuk melewati arus listrik melalui konduktor itu. Kuantitas terbalik ialah konduktansi listrik, serta fasilitas yg melewati arus listrik.

Resistansi konduktor tidak hanya ditentukan oleh materi (Resistance tertentu) dipakai tetapi pun oleh Ukuran Fisik. Panjang serta suhu semua mempunyai dampak mereka.

Rumus:  R = ρ ( L / A )
Dimana ρ  Resistensi Spesifik. L Panjang serta A Luas Penampang.

CURRENT FLOW

Aliran Elektron ialah dari terminal Negatif ke terminal Positif, Hal umum pemikiran arus dikatakan dari terminal Positif ke terminal Negatif. Hasil dari konvensi saat kerja Elektron serta Proton tidak benar dipahami serta ilmuwan salah asumsikan pemikiran menso dari ditambah ke kutub negatif.









VOLTAGE

Tegangan, Listrik, Perbedaan Potensial, Tekanan Listrik atau Ketegangan Listrik (Secara resmi dilambangkan V atau U, Misalnya dalam konteks aturan Ohm atau Kirchhoff)

Perbedaan Energi Potensial listrik antara dua titik per satuan muatan listrik. Tegangan antara dua titik ialah sama dengan kerja yg dilakukan per satuan muatan terhadap meserta listrik statis untuk memindahkan muatan uji antara dua titik serta diukur dalam satuan Volt (Joule per Coulomb).


POWER

Daya Listrik menawarkan bentuk energi lain serta sanggup dilakukan jarak jauh. Diubah menso bentuk energi lain menyerupai gerak, cahaya atau panas dengan efisiensi energi yg tinggi.

          P = I x V

Daya Listrik ditransformasikan ke bentuk energi lain saat Arus listrik bergerak melalui potensial listrik (tegangan) perbedaan yg terso pada komponen listrik di sirkuit listrik

DIRECT CURRENT (DC)

Arus Searah  - Aliran elektron dari suatu titik yg energi potensialnya tinggi ke titik lain yg energi potensialnya lebih rendah. Sumber arus listrik searah biasanya ialah baterai (termasuk aki serta Elemen Volta) serta panel surya. Arus searah biasanya mengalir pada sebuah konduktor, walaupun mungkin saja arus searah mengalir pada semi-konduktor, isolator, serta ruang hampa udara



ALTERNATING CURRENT (AC)

Arus Bolak-Balik - Arus listrik di mana besarnya serta arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah di mana arah arus yg mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, alasannya ini yg memungkinkan pengaliran energi yg paling efisien.

INDUCTANCE


Peningkatan arus dalam kumparan kawat akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik) yg menentang arus.

Menerapkan aturan tegangan memungkinkan kita untuk melihat imbas dari EMF (Electro Magnetic Field) ini pada persamaan sirkuit. Fakta bahwa EMF yg selalu menentang perubahan arus ialah teladan dari aturan Lenz.


CAPACITANCE
Kemampuan untuk menyimpan muatan listrik. Bahan dengan kapasitansi diri besar memegang lebih muatan listrik pada tegangan yg diberikan, dari satu dengan kapasitansi rendah.

Setiap objek yg sanggup bermuatan listrik ekspo kapasitansi diri. Gagasan saling kapasitansi sangat penting untuk memahami operasi dari kapasitor, salah satu dari tiga komponen elektronik dasar (bersama dengan resistor serta induktor).


[  Basic Electrical System Components
[  Understanding And Troubleshooting Elecrical Systems

[  Electrical & Electronics
[  Learn ELECTRONICS
[  Mathematics And Physics


Artikel Terkait