Arti Tracking Wahana Logistik

Kode Resi Pengiriman Wahana Lebih Simpel dibandingkan dengan jasa Kurir lainnya yang terlalu panjang, dan juga Wahana memperlihatkan biaya / tarif lebih murah dibandingkan kurir lainnya. WAhana cocok kau gunakan jikalau barang yang kau beli online tidak akan dipakai buru-buru , namun kau inginkan harga ongkos kirim yang murah dibandung jasa kurir lainnya.

  • Kota Besar: 3-4 hari
  • Kabupaten / Daerah Pelosok: Estimasi Lebih dari 10 hari


Wahana menawarkan  aneka macam jasa ekspedisi ibarat berikut



Moda Transportasi Darat

Transportasi darat yakni armada utama kami. Dengan penggunaan armada truk, Wahana sanggup menghubungkan aneka macam moda angkutan lainnya ibarat laut, udara dan kereta api. 

Distribusi & Pergudangan
Jasa pergudangan Wahana dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS) untuk memudahkan pelanggan kami. Saat ini kami mempunyai gudang di wilayah Jakarta, Tangerang, Cikarang dan Surabaya. 

Layanan Ekspres Domestik
Kami melayani pengiriman dokumen dan paket ke lebih dari 5,000 wilayah di Indonesia. Kami menjanjikan untuk pengiriman sempurna waktu, kapanpun dan dimanapun. 

Pick-up order Paket Wahana
Wahana yakni layanan untuk menyediakan jasa kurir yang siap mengambil paket maupun dokumen kiriman anda, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga anda. Ada beberapa isu penting yang harus anda ketahui terkait dengan pengiriman barang , yaitu :


  • Pastikan untuk mengisi alamat tujuan, Kode Pos, Kelurahan dan Kecamatan dengan benar.
  • Nilai barang yang diinput yakni nilai barang yang bergotong-royong dan akan menjadi contoh penggantian kehilangan.
  • Wahana tidak mendapatkan kiriman berupa Handphone (HP), Original Dokumen (STNK, BPKB , SIM, KTP dan lain-lain).
  • Paket dengan nilan Rp. 1.000.000 ke atas wajib diperiksa isi bersama pengirim dan foto isi barang tersebut.
  • Paket kemasan tidak gampang rusak.
  • Paket Elektronik harus duah dipacking peti kayu dari pengirim.

Hubugi Agen Terdekat dengan Lokasi rumahmu apakah mendapatkan PickUp Order atau tidaknya.


Sebelum mengirim paket,

  • Tuliskan Alamat Pengirim dan Alamat Penerima dengan sangat Jelas. 
  • (Nama Kompleks /Kantor, Jalan/Gang, RT, RW, Nama Blok, Nama Desa/kelurahan, Kecamatan) ,
  • Packing dengan Aman biar barang tidak gampang dibuka dan kondusif dari benturan atau guncangan/hujan dan lainnya
Syarat dan Ketentuan Pengiriman Paket


  • Setiap paket / barang yang akan dikirim, PT. Wahana Prestasi Logistik berhak mendapatkan isu dari pengirim mengenai keterangan isi barang. Begitu pula Pengirim wajib menginformasikan isi dari paket barang yang dikirim secara terang dan terperinci.
  • Untuk barang kiriman yang tidak sesuai dengan keterangan isi barang yang tercantum didalam Tanda Terima Kiriman (TTK) PT. Wahana Prestasi Logistik, maka pengirim bertanggung jawab atas jawaban yang disebabkan oleh barang yang dikirim.
  • Segala resiko pengiriman menjadi tanggung jawab pengirim.
  • Dikarenakan satu dan lain hal PT. Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk membuka paket kiriman apabila terdapat indikasi mencurigakan mengenai isi kiriman.
  • Nilai pertanggungan atas barang kiriman hingga dengan Rp 299.000, biaya pertanggungan menjadi beban PT. Wahana Prestasi Logistik. Untuk nilai pertanggungan diatas atau sama dengan Rp.299.000 hingga Rp.9.999.999, biaya pertanggungan menjadi beban pembayaran pihak pengirim yang ditetapkan oleh PT. Wahana Prestasi Logistik yakni sebesar 0,5% dari nilai pertanggungan. Nilai pertanggungan maksimum per Tanda terima kiriman (TTK) tujuan Singapura Rp. 3.000.000.
  • Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk memakai sarana transportasi apapun dalam melaksanakan pengiriman paket.
  • Berat maksimum per koli yakni 50 Kg. Untuk Berat maksimum tujuan Singapura per koli yakni 30 Kg.
  • Paket/Barang dengan berat 0.2 kilogram maka akan mengikuti pembulatan kilogram keatas. Untuk tujuan Singapura 001 kilogram akan mengikuti pembulatan kg keatas.
  • Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat).
 Rumus penghitungan volumetrik adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6.000.
 Rumus pengiriman tujuan Singapura adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 5.000
 Rumus pengiriman via maritim adalah: (Panjang x Lebar x Tinggi) / 4.000


  • Maksimal volume dimensi paket/barang yang dikirim oleh PT Wahana Prestasi Logistik yakni : 150 x 60 x 60 cm . Untuk pengiriman Jawa, Bali dan via maritim per koli yakni 199 x 99 x 99 cm
  • Wahana Prestasi Logistik hanya mendapatkan dan menyerahkan paket menurut jumlah koli, bukan menurut jumlah isi didalamnya. Apabila terjadi kehilangan terhadap isi dalam maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab terhadap kekurangan tersebut.
  • PT Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas Kerusakan dan kadaluarsa masakan jawaban keterlambatan pengantaran.
  • Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab dan melepaskan diri dari keterlibatan atas kehilangan apabila terjadi permasalahan yang diluar kontrol pihak PT. Wahana Prestasi Logistik yaitu Force majeure seperti
  • huru-hara dan peristiwa alam;
  • Kebakaran dan banjir;
  • Peperangan, pembajakan, teroris, dan kejadian-kejadian sejenisnya;
  • Terjadinya penahanan atau penyitaan serta pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman oleh instansi pemerintah yang berwenang (bea cukai, karantina, kejaksaan dan instansi lainnya);
  • Kekacauan yang terjadi di jaringan darat, laut, dan udara;
  • Terjadinya kesalahan teknis dari penerbangan ataupun pelayaran sehingga mengakibatkan kerugian non-material.
  • Apabila pengirim / peserta melanggar ketentuan aturan yang berlaku (C.Q. DEPARPOSTEL) di wilayah Indonesia, maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengirim

BARANG YANG DILARANG
Barang-barang yang dikategorikan dihentikan untuk dikirim melalui PT. Wahana Prestasi Logistik adalah:
  • Uang tunai atau surat-surat berharga (seperti cek, giro, efek, obligasi, saham, voucher, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, passport, ijazah asli, dokumen tender, dokumen invoice, buku nikah asli, KTP, NPWP, STNK asli, BPKB orisinil dan surat berharga sejenisnya);
  • Barang pemanis dan barang berharga lainnya (emas, berlian);
  • Minuman keras, Narkotika dan obat – obat terlarang;
  • Barang yang dianggap bernilai tinggi (lukisan, keramik ataupun barang-barang yang dianggap bersejarah);
  • Binatang hidup, flora hidup atau masakan yang gampang bau atau rusak;
  • Abu badan dan organ manusia;
  • Barang gampang meledak, terbakar, atau barang yang menimbulkan anyir serta barang-barang yang sanggup merusak barang lainnya;
  • Barang cetakan maupun rekaman dalam bentuk kaset / cd / vcd / dvd yang bertentangan dengan nilai kesusilaan/pornografi;
  • Bagian – cuilan dari binatang langka yang telah mati / diawetkan;
  • Limbah
  • Makanan berair dengan expired date rendah.

JENIS BARANG YANG DILARANG VIA UDARA
Wahana Prestasi Logistik hanya melayani pengiriman Jenis barang ini ke tujuan pulau jawa, Bali dan memakai maritim (pengiriman via maritim hanya untuk kota-kota tertentu)
  • Cairan dan gel dalam bentuk apapun.
  • Benda yang berisi gas, aerosol dan sejenisnya.
  • Senjata tajam, senjata api termasuk kategori mainan airsoft gun;
  • Mesin yang memakai materi bakar
  • Benda yang gampang korosi, magnetic dan mengandung baterai
  • Benda yang sanggup beroksidasi.
  • Bahan atau Barang yang gampang menyala / terbakar.
  • Barang yang gampang meledak.
  • Barang yang mengandung kuman dan virus.
  • Barang yang mengandung radio aktif.
  • Barang beracun dan gampang menular.
  • Bahan atau zat berbahaya lainnya.
  • Bahan atau zat Tanpa surat surat / MSDS ( master sheet data safety ).
Bila terjadi pelanggaran atas ketentuan larangan kiriman yang satu dan lain hal disebabkan lantaran kekeliruan/kelalaian pelanggan atau pengirim sehingga barang dimaksud dilakukan penyitaan oleh pihak berwenang maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab dan tidak sanggup dituntut/dibebaskan/dilepaskan atas kewajiban pengembalian barang ataupun biaya pengiriman baik sebagian maupun keseluruhan. Lebih dari itu insiden yang demikian sepenuhnya menjadi resiko pengirim..

BARANG RETUR & REJECT XRAY
Ketentuan pengiriman barang retur dan barang reject xray PT. Wahana Prestasi Logistik:
  • Wahana Prestasi Logistik hanya melaksanakan 2x (dua kali) proses pengantaran ke alamat penerima. Apabila alamat tidak sanggup ditemukan, maka paket tersebut akan disimpan di kantor cabang PT. Wahana Prestasi Logistik.
  • Merujuk poin 1(satu) diatas/pengantaran selanjutnya, PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan apabila:
  • Paket hendak dikembalikan ke kota asal. PT. Wahana Prestasi logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman dari kota tujuan ke kota asal.
  • Paket hendak dikirim kembali ke alamat yang sebenarnya. PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman lokasi kota terakhir ke kota tujuan.
  • Kesalahan dalam penulisan kecamatan / kota tujuan oleh pengirim yang mengakibatkan paket tidak sanggup terkirim/diterima ke/di alamat yang dituju, maka pengirim / peserta wajib melunasi kekurangan total biaya ke alamat yang sebenarnya.
  • Paket REJECT X RAY akan dikenakan biaya kirim ulang retur ke alamat pengirim/agen.
  • Untuk fisik barang yang tidak lolos / Reject x-ray dan bilamana terjadi nya pelanggaran berat atas isi kiriman maka paket akan di lakukan penahanan oleh petugas terkait bandara dan menjadi tanggung jawab dari pihak pengirim sepenuhnya.

KLAIM
Ketentuan Klaim PT. Wahana Prestasi Logistik:
  • Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas kerusakan paket.
  • Wahana Prestasi Logistik tidak sanggup mendapatkan komplain dalam bentuk apapun baik oleh pengirim dan/atau pemilik barang asal bilamana komplain dimaksud diajukan sesudah melebihi waktu 30 (tiga puluh) hari semenjak barang diterima oleh biro (dibuktikan dengan tanda terima lembar TTK). Dengan demikian, terhadap barang hilang sebagaimana maksud diatas PT. Wahana Prestasi Logistik menganggap proses pekerjaan telah selesai.
  • Klaim pengajuan kehilangan hanya sanggup diajukan oleh pihak pengirim.
  • Klaim pengajuan kehilangan oleh pengirim sanggup dilakukan dengan cara email ke claimcs@wahana.com dengan mengisi dan melampirkan:
  • Formulir Klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
  • Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
  • Bukti transaksi jual beli.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman isu rekening cuilan isu saldo)
Apabila nama pihak pengirim yang tertera pada TTK / resi kiriman TIDAK sesuai dengan nama pada KTP / rekening, maka diwajibkan untuk melampirkan:
  • Formulir klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
  • Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
  • Bukti transaksi jual beli.
  • Fotocopy KTP pengirim (penanggung jawab) dan Fotocopy KTP pemilik rekening.
  • Fotocopy Kartu Keluarga / surat nikah (apabila memakai rekening milik keluarga/orang lain).
  • Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman isu rekening cuilan isu saldo)
  • Dokumen lainnya yang memperlihatkan indentitas sah pengirim dan pemilik rekening.

Bilamana pelanggan mengikuti persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 2 (dua) diatas, maka PT. Wahana Prestasi Logistik akan melaksanakan verifikasi internal pengiriman untuk mengetahui dan pertanda bahwa barang pelanggan benar dinyatakan hilang. Proses pencairan klaim akan segera dicairkan sesudah persyaratan lengkap sudah diterima oleh PT. Wahana Prestasi Logistik.

CARA MENGECEK TRACKING KIRIMAN PAKET WAHANA
masukan Kode/resi yang diberikan oleh Penjual dengan benar


Diterima di sales counter
Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dan sedang berada di Counter/Agen WAHANA kota/Daerah asal Penjual. Kecepatan Pihak Agen dalam mengirim atau mengambil barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Diterima di kemudahan kota asal
Paket sudah berada di Gudang kota daerah Penjual mengirimkan paket

Dalam proses pengiriman ke kota tujuan
Paket sedang dalam perjalanan menuju lokasi/Kota Tujuan Paket milikmu,


Dalam proses pengantaran oleh kurir ke penerima
Paket sedang dibawa kurir dan akan dikirim ke rumah kamu, Pastikan ada orang dirumah dan Pintu/Pagar terbuka dikala ada yang memanggil ada kiriman paket. Kecepatan Staff Wahana di Kota kau dalam mengirim barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Terkirim, Diterima oleh NAMA PENERIMA

Kurir sudah mengupdate statusnya, bawah Paket yang diantarkan sudah diterima



UPDATE TERBARU

Diterima di Sales Counter  [NAMA AGEN WAHANA]
Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dan sedang berada di Counter/Agen WAHANA kota/Daerah asal Penjual. Kecepatan Pihak Agen dalam mengirim atau mengambil barang akan menetukan kecepatan paket hingga ditangan kamu


Di pickup oleh petugas [NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sudah diambil dari AGEN oleh Petugas WAHANA untuk dikirimkan ke Gudang lokasi Kota paket PENGIRIM

Diterima di kemudahan HUB 
Paket sudah ada di dalam Gudang  lokasi Kota paket PENGIRIM

Pengiriman dari HUB [NAMA DEARAH] ke [NAMA DEARAH] 
Paket sedang dalam perjalanan menuju lokasi/Kota  Gudang Tujuan Paket milikmu,

Diterima di fasilitas [NAMA DEARAH] 
Paket sudah ada dialam Gudang  lokasi Kota PENERIMA, akan masuk antrian pengiriman oleh KURIR WAHANA

Proses pengantaran oleh kurir [NAMA DAERAH], [NAMA KURIR] Paket sudah dibawa kurir, akan diantarkan ke rumah penerima, aktifkan Handphone dan buka pintu rumah untuk jaga-jaga kurir kesulitan menemukan lokasi rumah

Diterima oleh [Nama Penerima]

Paket sudah berhasil terkirim dan diterima



Jika paket belum hingga dan  paket merasa belum ditermaberikut adalah

Daftar Nomor Customer Service WAHANA

Hanya sanggup dilakukan melalui WhatsAPP, Klik Link Dibawah, Cari Nama Kota,
kemudian Klik Tombol WhatsApp..

https://www.wahana.com/Hubungi-CS


Akun Facebook Resmi Wahana
https://www.facebook.com/WahanaPrestasiLogistik




BUY ME A COFFEE ??


transfer berapapun silahkan :)





Jejaring Sosial Path Akan Pensiun

Masih ingat dengan jejaring sosial Path yang hits sekitar 2012-an? Kini ada kabar terbaru dari Path. Bukan alasannya yakni pembaruan fitur, namun alasannya yakni media umum tersebut dikabarkan akan berakhir alias tutup.

Kabar soal akan ditutupnya Path memang belum terjawab eksklusif oleh si empunya. Pun dengan kepastian berhentinya layanan Path secara menyeluruh. Kendati begitu, netizen di linimasa Twitter telah ramai membahas soal Path yang akan ‘pergi’.

Topik soal Path bahkan menjadi deretan teratas di Trending Topic Twitter. Beredarnya kabar soal Path akan berhenti beroperasi dari berawal dari munculnya sebuah gambar bertuliskan ‘Goodbye’. Gambar tersebut juga disertakan dengan goresan pena yang menciptakan pengguna Path bersedih.

“Kami sangat menyesal untuk memberi tahu Anda bahwa Path akan berhenti beroperasi. Silakan kunjungi situs ini untuk detail lebih lanjut ihwal proses pengembalian,” demikian goresan pena yang menyertakan gambar berisi kata ‘Goodbye’.

Jika masih ingat, Path terkenal dan menginjak klimaks ketenarannya sekitar 2014 lalu. Sosial media tersebut agaknya ibarat dengan Facebook, Twitter, atau bahkan Instagram. Lewat Path, pengguna dapat menginformasikan segala hal yang sedang dilakukannya tidak hanya lewat status goresan pena saja. Tetapi juga lewat fitur menarik ibarat Sleep, Awake, Reading, Watching, Listening, dan sebagainya.

Pengguna lain juga dapat menanggapi acara temannya di Path lewat bermacam-macam emoticon lucu. Path juga menyediakan layanan pesan singkat atau chatting bagi usernya yang ingin berinteraksi lebih lanjut.

Kabar soal tutupnya Path sepertinya dapat jadi benar. Pasalnya, jejaring sosial media tersebut memang mengalami penurunan pengguna yang cukup signifikan. Tutupnya Path juga tidak lepas dari persaingan antar penyedia layanan jejaring sosial ibarat Instagram dan Facebook.


refernces by jawapos

Amd Akan Gelar Kompetisi Overcloking Di Indonesia, Tertarik ?

Produsen hardware dan komputasi AMD siap menghelat turnamen e-Sport dan Overclocking di Indonesia. Turnamen tingkat nasional tersebut diumumkan AMD Indonesia dikala media gathering di Jakarta, Kamis (13/9) malam.


Technical Marketing AMD Indonesia Ridwan Fariz mengatakan, kompetisi e-Sportsdan Overclocking ini sebagai bentuk apresiasi AMD atas antusiasme konsumen di tanah air. "Sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna antusias dan overclocker terbesar di dunia berdasarkan database

 HWBOT.org, tentunya banyak tersebar hibrida overclocker di lndonesia," ungkapnya demikian.
Beberapa di antara para overclocker Indonesia bahkan sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet gelar juara di banyak sekali kompetisi overclocking kelas dunia. Namun, berdasarkan Ridwan, jumlah overclocker yang berprestasi terbilang masih kecil dibanding potensi dari para antusias PC di Indonesia.

"Maka dari itu sebagai bentuk apresiasi dan derma kepada para pengguna PC dan overclocker di Indonesia, AMD bekerja sama dengan kawan resmi motherboard ASRock, ASUS, Gigabyte, dan MSI kembali menghadirkan turnamen overclocking online tingkat nasional untuk mencari dan mengasah kemampuan para overclocker di Indonesia semoga sanggup lebih berprestasi di kancah internasional," terangnya.

Adapun kompetisi overclocking ini merujuk pada suksesnya uji coba terhadap 108 penerima overclocker di Indonesia melalui AMD Rock Tour 2017. Dengan tajuk yang sama, AMD Rock Tour Vol 2, sekarang AMD Indonesia benar-benar kembali menantang para antusias hardware di tanah air melalui turnamen overclocking prosesor.

Berbeda dengan turnamen sebelumnya, AMD Rock Tour Vol 2 mempunyai kelas pertandingan lebih banyak. Selain itu, tidak hanya terbuka bagi prosesor Ryzen generasi terbaru (2000 series), namun tetap terbuka bagi prosesor Ryzen generasi sebelumnya. Kemudian kategori gres overclocking kartu grafis seri Radeon RX 500 dan RX Vega juga akan dibuka pada turnamen ini.
Turnamen overclocking tingkat nasional yang berlangsung online ini dibuka pendaftarannya pada 24 September dan ditutup 3 Oktober 2018. Turnamen akan berlangsung mulai 8 Oktober sampai 3 November 2018 dengan proposal hadiah yang menggiurkan.

Selain turnamen overclocking tingkat nasional ini, AMDlndonesia juga akan menggelar turnamen game fighting bertajuk AMD e-Sports Fight Championship 2018. Pada kompetisi tersebut, AMD akan melombakan dua game PC bergenre fighting, ialah Tekken 7 dan Street Fighter V: Arcade Edition. Ini akan diadakan 22-23 September 2018 di The Hook Resto & Bar, Jakarta.
Adapun kedua kategori turnamen ini tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka bagi semua pengguna prosesor AMD Ryzen bergaransi resmi.


refrences by jawapos

Google Izinkan Aplikasi Pihak Ketiga Baca Isi Gmail Pribadimu

Google gres saja mengumumkan legalisasi penting terkait layanan Gmail miliknya. Raksasa internet itu mengungkap bahwa pihaknya masih memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk mengintegrasikan layanannya dengan Gmail.


Dengan kata lain, aplikasi tersebut sanggup mengetahui menyerupai apa isi dari Gmail.Beberapa aplikasi yang biasa memanfaatkan hal ini ialah perencanaan perjalanan dan sistem administrasi khusus.

"Pengembang sanggup membagi datanya ke pihak ketiga selama mereka transparan dengan para pengguna cara pemanfaatan data tersebut," tutur VP of Public Policy and Government Affairs untuk Amerika di Google, Susan Molinari, menyerupai dikutip dari CNN Money, Sabtu (21/9/2018).

Sekadar informasi, pernyataan tersebut ditujukan dalam bentuk surat untuk para senator di Amerika Serikat. Google juga memastikan bahwa hukum soal privasi sanggup diakses oleh pengguna sebagai materi pertimbangan.

"Pengguna juga sanggup melihat atau menghapus kanal aplikasi lewat laman Google Account-nya. Atau, mereka sanggup menentukan untuk tidak mengunduh aplikasi tersebut sama sekali," tutur Molinari.

Untuk diketahui, Google bergotong-royong sudah menghentikan praktik pemindaian email akun Gmail untuk kebutuhan iklan. Lebih lanjut juga,disebut bahwa tidak ada pegawai insan yang membaca isi Gmail pengguna.

Kendati demikian, bukan berarti langkah itu berlaku umum. Dalam beberapa kasus, semisal menyangkut keamanan atau kebutuhan investigasi, pegawai insan gres akan turun tangan. Karenanya, Google dengan tegas mengaku akan menindak aplikasi yang tidak memberi kejelasan mengenai pemakaian data pengguna. Salah satunya ialah menonaktifkan aplikasi tersebut.

Surat pada senator soal Gmail ini sendiri bergotong-royong muncul usai pemerintah Amerika Serikat menaruh perhatian pada data privasi pengguna di layanan online.Tak cuma Google, komite senat juga mempertanyakan hal tersebut ke Apple dan Twitter.

Soal pemindaian isi Gmail bergotong-royong sudah mengemuka pada Juli 2018. 

Dalam laporan The Wall Street Journal, diketahui Google masih masih memberi izin bagi pengembang untuk mengakses Gmail pengguna. 

Hal itu dimungkinkan lantaran setelan kanal Gmail menciptakan perusahaan dan pengembang aplikasi sanggup melihat email orang dan detail langsung pengguna. Misalnya saja alamat penerima, waktu pengiriman, sampai isi pesan.

Aplikasi-aplikasi yang dibentuk pengembang itu bergotong-royong diwajibkan mendapat persetujuan pengguna untuk mengakses email.

Sayangnya tidak dijelaskan apakah insan atau komputer yang sanggup mengakses email-email milik pengguna Gmail.

Google menyebut, hanya memperlihatkan kanal ke pengembang pihak ketiga untuk menyidik data dengan persetujuan dari si pengguna. Proses pemeriksaan mencakup pemeriksaan identitas perusahaan. Dalam hal ini apakah perusahaan yang bersangkutan terwakili oleh aplikasinya, alasannya ialah kebijakan privasi menyatakan akan memonitor email.

Menurut Google, data yang diminta perusahaan cukup masuk nalar guna melihat apa yang dilakukan perusahaan. Aplikasi email misalnya, harus mendapat kanal ke Gmail. Google mengatakan, beberapa pengembang telah mengajukan permohonan untuk mengakses Gmail, tetapi oleh Google belum diberikan izin.

Sayangnya, raksasa internet itu tidak menyebut berapa banyak perusahaan yang meminta kanal terhadap Gmail. Dalam laporan, disebutkan kemungkinan karyawan Google telah membaca email pengguna.

"Tetapi itu hanya dalam beberapa kasus tertentu, contohnya dikala kami memperlihatkan izin, atau untuk tujuan keamanan menyerupai penyelidikan bug atau penyalahgunaan," kata Google.


Menjawab kegelisahan pengguna, Google pun segera bereaksi dan merespons laporan tersebut. Melalui unggahan di blog, perusahaan memastikan komitmennya menyidik pihak ketiga yang mempunyai kanal ke data sensitif di Gmail.

"Sebelum aplikasi non-Google sanggup mengakses pesan di Gmail, mereka melewati beberapa tahap pengecekan lebih dulu, baik secara otomatis dan manual," tulis Director Security, Trust, and Privacy Google Cloud Suzanne Frey.

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui aplikasi tersebut bekerja sesuai dengan keterangan yang diberikan. Oleh lantaran itu, aplikasi harus benar-benar menjelaskan secara utuh layanannya dan tak melaksanakan tindakan menyimpang.

"Aplikasi hanya meminta data yang memang diperlukan untuk fungsi spesifik mereka--tak lebih dari itu--dan harus dijelaskan pula cara data itu digunakan," tulis Frey menjelaskan.

Dikutip dari The Verge, Rabu (4/7/2018), Frey juga menyarankan biar pengguna sanggup menjaga datanya dengan aman. Salah satunya dengan memastikan lebih dulu gosip apa saja yang dikumpulkan aplikasi sebelum memberi akses.

"Pengguna juga sanggup memanfaatkan fungsi Security Checkup untuk mengetahui perangkat apa saja yang menggunakan akunnya, aplikasi pihak ketiga apa yang mendapat akses, termasuk izin yang dimiliki tiap aplikasi," tulisnya.

Google juga memastikan tak memindai email pengguna untuk menampilkan iklan. Perusahaan menyebut meski pengguna Gmail sanggup mendapat iklan, bukan berarti iklan itu ditampilkan menurut isi email pengguna.



references by liputan6

Diretas, Perusahaan Penukaran Uang Digital Rugi Triliyunan Rupiah

Perusahaan startup penukaran cryptocurrency, Tech Bureau Corp, di Jepang telah diretas. Akibatnya, uang digital senilai 6 miliar yen, setara Rp792 triliun, raib dicuri. Seperti diwartakan laman Business Standard, kabar jelek itu disiarkan pada Kamis, 20 September 2018. Tech Bureau Corp menyampaikan dalam sebuah pernyataan, pada 14 September, penyusup digital dari luar negeri telah membongkar sistem keamanannya, dan itu terjadi selama dua jam.

Nahasnya, peretasan itu gres terdeteksi pada Senin lalu, dan kerusakan diketahui hingga hari Selasa esoknya. 67 persen komponen yang dicuri ialah aset milik klien, sementara sisanya dana dari perusahaan pertukaran mata uang cryptocurrency yang terintegrasi dengan Tech Bureau Corp, Zaif.

Pencurian memengaruhi tiga cryptocurrency, tetapi 89 persen di antaranya dalam bitcoin (BTC), sedangkan sisanya pada mata uang virtual MonaCoin (MONA) dan Bitcoin Cash (BCH), dalam jumlah yang belum dihitung secara akurat, alasannya ialah penyelidikan masih berlangsung.
Perusahaan menyampaikan bahwa server sedang ditinjau secara menyeluruh untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Pihaknya telah meminta pemberian keuangan dari salah satu anak perusahaan untuk menutupi kerugian yang ditimbulkan.

Kebobolan serupa juga pernah dialami operator Jepang Coincheck pada Januari. Mereka mengaku sistemnya diretas dan sebanyak $534, setara Rp8 triliun juta berhasil dicuri. Insiden-insiden ini memaksa pihak berwenang Jepang untuk memperketat kontrol di pasar mata uang digital.

references by viva

Hacker Impor Diduga Akan Gabung Salah Satu Capres Pilpres 2019

Hacker asal Rusia diduga telah tiba ke Indonesia dan melaksanakan komunikasi dengan salah satu paslon yang akan bertarung di Pilpres 2019.  Pengamat Intelijen, Nuruddin Lazuardi kepada Tribun di Jakarta, Senin (24/9/2018) membenarkan informasi tersebut. Dikabarkan, hacker tersebut telah melaksanakan komunikasi dengan beberapa petinggi partai politik.



“Iya aku sudah tahu soal itu. Ada pembicaraan antara mereka dengan beberapa politisi. Tim ini sudah ada semenjak usang dan itu hal yang biasa saja,” kata Nuruddin.


Hacker tersebut nantinya akan bertugas di media umum Facebook, Twitter dan Media Online untuk membantu salah satu pasangan calon.


“Mereka akan mengandalkan teknologi yang dimiliki untuk pilpres 2019 ini. Mereka main di Facebook dan Twitter khususnya. Kalau Instagram aku pikir tidak,” tambahnya.


Caranya ialah dengan cara memberangus konten negatif yang menyudutkan pasangan calon yang mengontrak mereka, terutama seputar isu yang viral.



“Mainnya di viral. Kalau ada konten yang menyudutkan, biasanya oleh mereka di “cut” langsung. Kalau sudah viral, nanti kan jadi gosip juga di media mainstream,” tambahnya.


Sementara itu, Wakil Direktur Informasi dan Teknologi Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Vasco Ruseimy, membantah adanya kiprah biro yang menaungi hacker asal Rusia itu. Menurutnya, tidak ada saluran kubu mereka ke peretas asal Rusia tersebut. Terlebih, pasangan nomor urut 02 sudah merasa cukup dengan adanya pertolongan dari relawan yang bergerak selama ini di media sosial.



"Enggak lah. Kita cukup dengan relawan saja. Lagian, enggak ada saluran ke mereka," ucapnya.


Sedangkan Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni menyampaikan bahwa pihaknya masih percaya dengan kemampuan anak bangsa. Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak membutuhkan konsultan dari luar negeri.



"Tidak lah. Kami masih percaya dengan anak bangsa. Tidak perlu konsultan politik dari luar negeri," katanya.

Spesifikasi Minimum Microsoft Office 2019

Microsoft resmi meluncurkan aplikasi Office 2019. Perangkat lunak penunjang ini hadir untuk pengguna Windows dan MacOS dan pengguna yang belum ingin mengadopsi teknologi cloud atau berlangganan Office 365.



Corporate Vice Preseident for Office and Windows Marketing, Jared Spartaro, mengatakan, Office 2019 mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk pelaku bisnis. Software ini membawa sejumlah peningkatan, ibarat formula dan chart gres pada Excel 2019, animasi pada Power Point, sampai pengelolaan layanan keamanan yang mumpuni.

"Kami memperkenalkan click to run, adalah teknologi penyebaran modern yang hadir di Office 2013 dan kini digunakan untuk membuatkan dan memperbarui Office pada ratusan juta perangkat komputer," terperinci Jared Spartaro ibarat dilansir The Verge, Selasa (25/9/2018).

Office 2019 terdiri dari Word, Excel, Power Point, Skype, dan beberapa software lain serupa dengan paket Office 365. Namun, pengguna Office 2019 hanya menerima pembaruan keamanan dan sedikit perbaikan kalau ditemukan bug atau kerusakan lainnya.

Tetapi jangan khawatir, semua aplikasi Office 2019 dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh yang responsif khusus untuk versi mobile. Yang perlu diingat, Office 2019 hanya berjalan pada sistem operasi Windows 10. Belum disebutkan niscaya berapa harga Office 2019 terbaru dari Windows tersebut.

Soal ketersediannya, Office 2019 akan mulai tersedia bagi konsumen di pasaran pada beberapa ahad mendatang sehabis dirilis, sebagaimana tercantum dalam situs resminya. Satu catatan, Project 2019, Visio 2019, Access 2019, dan Publihser 2019 hanya tersedia untuk perangkat berbasis Windows saja.

What’s new in Office 2019?

Microsoft gave a very bare-bones outline of the new features within the Office 2019 apps, taken straight from the company’s Office 2019 FAQ:

Word

  • Black theme
  • Learning tools (captions and audio descriptions)
  • Speech feature (text-to-speech)
  • Improved inking functionality
  • Accessibility improvements

Excel

  • Funnel charts, 2D maps, and timelines
  • New Excel functions and connectors
  • Ability to publish Excel to PowerBI
  • PowerPivot enhancements
  • PowerQuery enhancements

PowerPoint

  • Zoom capabilities for ordering of slides within presentations
  • Morph transition feature
  • Ability to insert and manage Icons, SVG, and 3D models
  • Improved roaming pencil case

Outlook

  • Updated contact cards
  • Office 365 Groups1
  • @mentions
  • Focused inbox
  • Travel and delivery summary cards


Spesifikasi Minimum / Office 2019 minimum system requirement

  • Processors: 1.6 GHz or faster, 2-core processor2.0 GHz or faster recommended for Skype for Business
  • RAM: 4 GB RAM for 64-bit; 2 GB RAM for 32-bit
  • Hardisk: 4.0 GB free disk space
  • Resolusi Layar Monitor: 1280 x 768 or higher screen resolution
  • Sistem Operasi: Windows 10, Windows Server 2019, MacOS HIGH SIERRA
  • VGA.GPU: Graphics hardware acceleration requires DirectX 9 or later, with WDDM 2.0 or higher for Windows 10

  1. NOTE 1: If you are running Windows 10 Fall Creators Update or later version, it requires WDDM 1.3 or higher.
  2. NOTE 2: Skype for Business requires DirectX9 or later, 128 MB graphics memory and 32 bits per pixel capable format
  3. You might need to install .NET 3.5 or 4.6 and higher to use some features.
  4. It’s worth mentioning that Office 2019 cannot be installed alongside Office 2016.